spot_img

Menikmati Sepi di Pantai Sibolahotang

TOBA – Seolah tiada habisnya, hampir seluruh pantai di Danau Toba sangat menarik untuk dikunjungi. Dari puluhan pantai yang sudah dikelola dan sudah banyak dikunjungi para wisatawan, masing-masing pantai itu punya daya tarik tersendiri. Baik dari sisi perairannya maupun dari bentang alam yang mengelilinginya. Salah satunya adalah Pantai Pasir Putih Sibolahotang.

Pantai ini beralamat di Desa Sibolahotang Sas, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara. Lokasinya tidak berapa jauh dari jalan Lintas Sumatera.

Pantai Pasir Putih Sibolahotang ini menawarkan keheningan bagi pengunjung nya. Disebut demikian karena tamu yang berkunjung ke lokasi ini terbilang sepi jika dilihat dari luasnya pantai.

Hal ini mungkin diakibatkan oleh keberadaan pantai ini yang berada tidak begitu jauh dari Pantai Lumban Bulbul yang sudah lebih dahulu terkenal. Ada dua jalur jalan untuk menuju pantai ini. Salah satu nya dari Kota Balige. Jika melalui rute ini pengunjung harus melewati Pantai Lumban Bulbul, dan pengunjung pun biasanya akan memilih untuk singgah di Pantai Bulbul jika masuk lewat rute ini.

Rute satunya lagi yakni dari simpang Sibulele atau Jalan Sibolahotang. Lewat rute ini sebelum tiba di pantai, hamparan persawahan dengan bangunan rumah yang tiap saat bertambah menghiasi pemandangan. Sejak musim tanam hingga musim panen, bentang sawah ini ikut memanjakan mata siapa saja yang melihatnya.

Pantai Sibolahotang 2
Paduan bentang sawah dengan bangunan hotel berbintang dapat dilihat menuju Pantai Sibolahotang.(foto:asmon)

Sekarang, dengan adanya bangunan hotel berbintang yang berdiri megah di antara persawahan membuat panorama yang unik, antara alama desa dengan bangunan kekinian, sebelum tiba di pantai Pasir Putih Sibolahotang.

TERKAIT  Air Panas Ugan, Ide Kolonial Belanda yang Hangat Menyegarkan

Pantai ini tergolong jauh dari hiruk pikuk padahal berada tidak jauh dari jalan lintas serta cukup dekat dengan ibukota kabupaten. Seperti pantai lainya, Pantai Pasir Putih Sibolahotang ini juga punya sarana berupa ruang terbuka publik. Ada gerbang dengan dua tiang yang menjulang kokoh. Kedua tiang tersebut dihiasi ornamen gorga Batak Toba dengan ciri khas warna gorga yang terdiri dari tiga warna yakni warna Merah, Hitam dan warna Putih.

Area public di pantai ini dilengkapi dengan area jogging track, kios makanan dan minuman serta toilet tentunya. Di seberang jalan ada restoran dan tempat penginapan. Bagi bro dan sista yang menyukai keheningan sangat disarankan untuk berlibur di pantai ini.

Saat sore, sebelum matahari terbenam, menikmati sunset dan cahaya mentari yang memantul dari danau ditambah suguhan satu gelas kopi semakin melengkapi kesyahduan bagi anda yang suka keheningan.

Untuk mengisi liburan keluarga juga sangat tepat di pantai ini. Sebab aktifitas anak-anak selama bermain di pantai mudah dipantau sembari menikmati makan atau minuman yang tersedia.

Belum ada kutipan untuk masuk ke area pantai ini. Seperti diterangkan di atas, pantai yang cukup dekat dari Balige ini cukup mudah untuk dijangkau. Dari Bandara Silangit Kota Balige dapat ditempuh paling lambat 30 menit. Sementara jika bro dan sista datangnya dari Medan, Kota Balige dapat ditempuh via jalan darat hanya dengan 4 – 5 jam perjalanan.

 

Penulis     : Asmon Pardede
Editor        : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU