spot_img

Menikmati Panorama Lingkar Timur Samosir

SAMOSIR – Mengelilingi Pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba kini semakin mudah dan mengasyikkan. Jalan lingkar Samosir sudah cukup lebar dan mulus. Jika dahulu untuk menuju Onan Runggu maupun Nainggolan harus menyusuri jalan lingkar Samosir via SimanindoPangururan, kini setelah keseluruhan jalan keliling pulau Samosir selesai dibenahi akses menuju Onan Runggu maupun Nainggolan pun lebih dekat.

Ruas jalan ini, jarak tempuhnya yang lebih singkat juga punya view yang sangat indah. Jika jalan via Simanindo – Panguruan merupakan jalan yang menelusuri tepi pantai, sebaliknya jalan ini berada di perbukitan yang menawarkan view Danau Toba dari ketinggian.

Jalan dimaksud yakni jalan lingkar Samosir lintas Tanjungan -Sipira menuju Onan Runggu – Pangururan hingga kembali lagi ke Tomok.

Menuju jalan ini, nanti jika kapal penyeberangan yang bro dan sista tumpangi tiba di Tomok silahkan menuju ke arah kiri. Tidak berapa lama perjalanan menanjak pun dimulai. Diawal perjalanan mendaki ini sebuah air terjun di sisi kanan jalan akan menyapa anda.

Air terjun yang lazim disebut Air Terjun Sigarantung ini tepatnya berada di sisi jembatan Aek Sampuran Napitu.  Silahkan mampir di sini. Tersedia lahan parkir yang cukup memadai. Di tempat ini juga berada situs budaya Siboru Langgatan Situmorang Siringo sebagaimana tertulis di papan penanda.

TERKAIT  Desa di Samosir Ini Punya 18 Unit Homestay
Samosir
Ruas jalan lingkar Timur Samosir juga cukup bagus.(foto:asmon)

Terlihat beberapa cawan di dalam lokasi situs. Puas menikmati keindahan air terjun serta situs ini, perjalanan selanjutnya masih berupa jalan mendaki dengan beberapa tempat perhentian berupa warung penduduk lokal yang keseluruhannya menawarkan view Danau Toba.

Jalanan mendaki dan meliuk-liuk menjadi tantangan tersendiri bagi traveler hingga nanti tiba di Desa Tanjungan dan Desa Sipira. Sepanjang jalan di kedua desa ini view yang disuguhkan sungguh menggoda. Di bawah sana. di seberang Danau Toba, Desa Sigapiton yang tepat di bawah The Caldera Toba Nomadic Escape kelihatan cukup jelas. Demikian juga Sirungkungon dengan bukitnya yang menjorok ketengah danau terlihat seperti seekor kurakura. Bahkan air terjun Situmurun yang berada di Kabupaten Toba bisa terlihat saat cuaca cerah.

Di latar belakang, gugusan bukit barisan yang membentang kokoh terlihat menyatu dengan langit. Hingga jalanan kembali menurun sampai nanti tiba di Onan Runggu alam seolah tiada henti menunjukkan pesonanya. Tidak berlebihan memang jika Samosir di sebut sebagai ”negeri indah kepingan surga”.

 

Penulis   : Asmon Pardede
Editor      : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU