spot_img

Menikmati Alam dan Belajar Seni Budaya di Dolok Sipiak

SIMALUNGUN –  Dolok Sipiak merupakan suatu bukit kecil di kawasan semenanjung Parapat. Dari bukit ini, view Danau Toba mengekspos kawasan Parapat, Tiga Raja serta Ajibata sekaligus. Dolok Sipiak berada tidak jauh dari Parapat Square atau Open Stage Parapat.

Dari Parapat Square atau dari depan Hotel Khas (dulu Inna Hotel) langsung saja menuju Balai Harungguan Bolon. Selanjutnya dari halaman atau sudut areal parkir Balai Harungguan Bolon sudah ada anak tangga sebagai jalan satu-satunya untuk mencapai puncak bukit.

Pasca kawasan ini direvitalisasi oleh Kementerian PUPR, tempat ini semakin menarik untuk dikunjungi. Kapal penyeberangan yang bergerak dari dermaga Ajibata menuju Pulau Samosir maupun sebaliknya, menjadi hiasan tetap di permukaan danau di jam tertentu.

Tempat ini masih cukup asri dengan beberapa batang pohon masih berdiri kokoh menaungi puncak bukit, sehingga suasana akan cukup teduh dan menjadi tempat naungan para pengunjung dari sengatan mentari.

Di pagi hari, sinar mentari yang terpantul pada embun yang masih tersisa di dedaunan akan menimbulkan uap air berupa kabut tipis nan indah. Juga saat sore menjelang, kawasan Dolok Sipiak semakin memesona pengunjung. Saat itu cahaya mentari senja membias dari celah pepohonan dan membentuk sinar bergaris-garis keemasan yang indah.

Selain mendapatkan pemandangan Danau Toba yang indah, di Dolok Sipiak ada panggung terbuka yang konon khusus dirancang oleh arsitek nusantara. Di panggung ini biasanya ada pertunjukan budaya lokal atau budaya Batak Toba.

Satu sanggar seni bernama Sanggar Seni Dolok Sipiak yang didirikan Corry Paroma Panjaitan, menjadikan Dolok Sipiak sebagai tempat berlatih sekaligus manggung bagi anak asuhnya.

TERKAIT  Dolok Sigoalon, Wisata Puncak yang Baru dari Parapat

Selain mahir melakukan tarian tortor, anak-anak sanggar di sini juga sudah mahir memainkan alat musik Batak Toba. Mulai dari Taganing, Kecapi, Seruling, Garantung dan lain sebagainya bisa dilihat dan dinikmati di sanggar ini.

Lewat tangan dingin Corry Panjaitan yang juga sebagai pengelola Pusat Informasi Geopark Kaldera Toba ini, anak-anak sekitar Parapat – Ajibata berhasil diedukasi untuk melestarikan budaya lokal.

Jadi sambil berwisata menikmati panorama alam Danau Toba dari Dolok Sipiak, bro dan sista dapat sekaligus menikmati pertunjukan budaya lokal yang diperankan oleh mereka yang rata-rata masih usia sekolah.

Lokasi ini cukup dekat dari Kota Parapat dan secara administrasi tepatnya berada di Tiga Raja, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara.

 

Penulis   : Asmon Pardede
Editor      : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU