spot_img

Mengintip Romantisme Pantai Pangkodian

TOBA – Sebagaimana umumnya pantai di Danau Toba, pantai Pangkodian juga memiliki pantai landai serta berpasir putih bercampur kerikil kecil berbentuk bulat. Airnya jernih dan cukup tenang. Hal ini disebabkan letak pantai yang berada dalam teluk yang membentuk setengah lingkaran.

Selah satu penambah indah pantai ini, karena letaknya berada di kaki bukit yang berdiri kokoh membentuk huruf U.

Saat cahaya mentari menyeruak dari sisi pepohonan di atas bukit menerpa danau, nuansa romantisme pantai seakan menggoda pengunjung untuk tinggal lebih lama.

Perjalanan menuju pantai ini tentu harus melewati perbukitan yang membentenginya. Sehingga sebelum turun ke pantai, ada baiknya terlebih dahulu menikmati view pantai dari atas bukit. Dari puncak Singgolom sangat disarankan untuk menikmati view pantai ini seraya mengabadikan lewat poto, juga untuk berselfie ria.

Satu-satunya pilihan sampai ke pantai ini, harus melewati jalanan menurun disertai tikungan yang meliuk liuk. Sepanjang jalan, panorama alamnya begitu memesona sehingga dibutuhkan konsentrasi penuh khusus bagi pengendara.

Di tepi pantai sudah ada beberapa kafe juga gazebo. Aneka makanan dan minuman tersedia dengan harga yang tidak begitu mahal. Suasana pantai yang cukup tenang beserta alamnya yang masih asri, mungkin salah satu alasan para traveller untuk memilih  berkemah di tepi pantai.

Sesekali, di air yang cukup jernih terlihat gerombolan ikan mujahir dan akan berpencar begitu menyadari kehadiran pengunjung. Tak heran jika para traveller biasanya juga membawa pancing saat berkemah.

TERKAIT  Kebun Teh Sidamanik Agro Wisata Menawan di Simalungun
Pantai Pangkodian 2
Pantai Pangkodian juga jadi pilihan berkemah sambil memancing.(foto:asmon)

Saat kunjungan ke Pantai Pangkodian, ninnA melihat dari beberapa kemah yang didirikan di tepi pantai menjulur juga joran pancing. Ada beberapa pasang remaja menikmati liburannya sambil memancing.

Di ujung Utara tepi pantai, Hotel Tiara Bunga kelihatan samar. Di sisi Selatan, area Hutaginjang, Muara  dan Pulau Sibandang terlihat tepat berada di bawah Sipinsur saat cuaca cerah. Saat memandang jauh ke arah danau, pulau Samosir terlihat membentang indah.

Tidak ada kutipan saat ninnA mengunjungi pantai. Untuk menuju pantai yang tidak begitu jauh dari Balige ini cukup mudah. Bagi bro dan sista, jika sudah berada di Balige, bisa menempuh rute dengan melanjutkan perjalanan ke arah Tarutung. Nanti setibanya di Kecamatan Tampahan akan ada simpang dengan penunjuk jalan menuju Meat dan Tarabunga.

Ikuti terus jalan menuju Meat sesuai petunjuk yang ada, nanti setibanya di Lapo Sona pilih ke arah kanan. Dari lapo Sona mengikuti jalanan menurun dengan beberapa tikungan tajam yang akan mengantarkan bro dan sista hingga ke bibir pantai.

Secara administratif Pantai Pangkodian beralamat di Desa Lintong Nihuta, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba. Pantai Pangkodian ini tidak begitu jauh dari kota Balige  serta hanya butuh 30 menit dari Bandara Silangit.

Penulis      : Asmon
Editor         : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU