spot_img

Mengintip Pesona Taman Wisata Iman Dairi

DAIRI – Terdapat berbagai destinasi wisata yang bisa dikunjungi saat berada di Kabupaten Dairi, salah satunya Taman Wisata Iman (TWI). TWI ini berada di Desa Sitinjo, Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi, Sumater Utara.

Jarak dari Kota Sidikalang ke Taman Wisata Iman diperkirakan 10 km. Saat bro dan sista hendak masuk ke Taman Wisata Iman, bro dan sista bisa masuk dari 2 pintu kedatangan. Yang pertama dari Desa Sitinjo dan yang kedua dari Leter S.

Luas lahan Taman Wisata Iman ini sekitar 10 hektar. Maka tidak heran, banyak atraksi wisata yang dapat dijumpai di tempat ini. Mulai dari tempat peribadatan berbagai agama yang ada di Indonesia seperti Kuil, Vihara Saddhavadana dengan patung Buddha Rupang, Gereja dan Mesjid.

Taman Wisata Iman 3
Sejumlah pemuda berfoto di replika bukit Golgota di Taman Wisata Iman, Dairi Sumatera Utara.(foto:josua siburian)

Terdapat juga bagunan-bangunan yang sangat memesona seperti replika Bahtera Nabi Nuh, Menara Babel, Gua Bunda Maria, Patung Adam dan hawa serta Ular yang memiliki panjang kurang lebih 50 meter panjangnya.

Bro dan sista cukup membayar tiket sebesar 15.000 namun sudah bisa menikmati atraksi wisata yang ada di tempat ini. Tidak lengkap rasanya kalau bro dan sista belum pergi ke Bukit Golgota yang ada di Taman Wisata Iman, bukit yang menjadi ikon utama dari Taman Wisata Iman.

Di bukit ini, bro dan sista akan melihat penggambaran penyaliban Tuhan Yesus yang disimbolkan melalui patung yang sangat megah. Bagi bro dan sista yang beragama kristiani, bro dan sista bisa memanjatkan doa di kubu doa yang ada di belakang bukit Golgota ini.

TERKAIT  Kapal Arwah di Tigaras Manarik Perhatian Traveler

Saat memasuki area Taman Wisata Iman, bro dan sista bisa bersantai ria di Taman Firdaus yang dikelilingi oleh pohon pinus yang menjulang tinggi. Bersantai dan menikmati hawa di Taman Wisata Iman, bro dan sista akan disambut oleh para penjual makanan dan minuman. Dengan harga yang terjangkau, bro dan sista juga dapat membeli souvenir khas Taman Wisata Iman seperti baju kaos, topi dan gantungan kunci.

taman wisata iman 1
Areal Taman Wisata Iman terlihat dari ketinggian.(foto:josua siburian)

Terdapat juga berbagai fasilitas pendukung yang bro dan sista bisa nikmati selama berwisata di Taman wisata Iman ini. Seperti toilet umum, pusat informasi wisatawan, arena bermain anak dan gazebo umum.

Memang, tidak cukup waktu selama 1 hari untuk bisa menikmati semua atraksi wisata ini, namun tidak perlu khawatir, di tempat ini sudah ada penginapan dengan rate per malam yang sangat terjangkau.

Penginapan yang tersedia, ada berbentuk Bahtera Nuh dan tidak jauh dari sini ada juga penginapan eco-lodge. Kisaran rate per malam mulai dari Rp120.000. Di malam hari, Kota Sumbul menjadi sesuatu yang menarik dilihat dari ketinggian.

So, mari bro dan sista datang ke Taman Wisata Iman, destinasi wisata religi yang terbesar di Sumatera Utara. Nikmati keberagaman agama yang ada di Indonesia hanya di Taman Wisata Iman.

 

Penulis : Ananda Josua Siburian
Editor   : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU