spot_img

Mengintip Negeri Indah Kepingan Surga dari Tele

SAMOSIR – Siapa berani meragukan keindahan Danau Toba? Pasti tidak ada. Tapi belum semua menyadari, keindahan danau itu semakin eksotis karena ada pulau yang berpenduduk di tengahnya: Pulau Samosir. Menariknya, nama pulau itu terwakili menjadi nama daerah otonom, Kabupaten Samosir.

Seperti gayung bersambut, daerah itu kini dikenal dengan sebutan “Negeri Indah Kepingan Surga”.

Yuk, kita intip sejenak bagian dari kepingan surga itu dari pintu masuk Tele.

Jalur Tele merupakan satu-satunya pintu masuk melalui darat ke Pulau Samosir. Begitu mulai memasuki jalur menurun dari Simpang Tele, ada kawasan yang terkenal sebagai rest area, sembari menikmati pemandangan lepas ke Danau Toba dan sebagian sisi Pulau Samosir. Kawasan ini disebut Pemandangan Tele.

Sungguh indah memang. Dari kawasan ini, hamparan biru Danau Toba terlihat jelas, dengan perbukitan yang menakjubkan berdiri kokoh. Di kejauhan terlihat Pulau Samosir yang sedang menunggu untuk dijejahi.

Seolah dalam jangkauan tangan, terlihat Bukit Sibea Bea dengan patung Yesus (dalam proses pembangunan), di Kecamatan Harian. Destinasi wisata yang sedang viral itu, menjadi pemandangan primadona dari kawasan Tele.

TERKAIT  Dolok Siatas Barita, Destinasi Wisata Alam dan Rohani

“Sangat sejuk berada di sini, pemandangannya bagus,” kata Simon Bangun warga Kota Medan yang ditemui ninnA, sedang menikmati pemandangan alam di Tele, Senin(13/12/21).

Selain alamnya, dia juga memuji infrastruktur jalan yang bagus, sebagai salah satu pendukung kawasan pariwisata. Dengan kondisi jalan itu, dia menyarankan bagi bro dan sista ninnA, untuk menikmati perjalanan dan merasakan sensasi menuju Negeri Indah Kepingan Surga.Namun tetap harus tetap hati-hati selama perjalanan.

Untuk mencapai kawasan pemandangan Tele ini, butuh waktu 5 jam perjalanan dari Kota Medan. Melewati kawasan hutan Lau Pondom, Silalahi dan masuk ke Kecamatan Harian.

Masih dari kawasan Tele, pembenahan destinasi sekitarnya terus mendapatkan sentuhan. Salah satunya, membuka  akses jalan dari Menara Pandang Tele menuju Air Terjun Efrata di Kecamatan Harian.

Nah, bro dan sista tunggu apalagi, siapkan liburanmu ke Danau Toba dan Pulau Samosir melalui jalur Tele. Nikmati keindahannya dan rasakan sensasi menuruni jalan berkelok.

 

Penulis  : Jogi S
Editor     : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU