spot_img

TOUR DE BAKTIRAJA

Mengenalkan Baktiraja Lewat Event Olahraga Sepeda

HUMBAHAS – Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengenalkan Toba sebagai objek wisata yang layak dikunjungi. Salah satunya melalui olahraga sepeda.

Itulah yang dipikirkan oleh beberapa komunitas pegiat wisata dari Humbang Hasundutan beberapa waktu lalu. Pemilihan nama “Tour de Baktiraja” sengaja dilakukan oleh panitia untuk menunjukkan kesan serius dan harapan, kegiatan ini akan menjadi sebuah event berkelanjutan, sebagai usaha mempromosikan keindahan alam Kecamatan Baktiraja (Lembah Bakara dan Tipang).

Berbagai persiapan dilakukan, mulai dari pembentukan panitia, pengecekan rute, persiapan sarana prasarana, keamanan dan hal-hal lainnya yang dibutuhkan.

Panitia melibatkan anak-anak muda yang masih energik serta pegiat wisata di sekitar Kabupaten Humbang Hasundutan. Hal ini sebagai wujud pemberdayaan dan koordinasi sesama pegiat wisata di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Rute sepeda dimulai dari Coffee Hotel Ayola Dolok Sanggul, Tombak Sulu-sulu, Air Terjun Sigota-gota, Wisata Sawah Sibara-bara dan berakhir di restoran terapung Tipangmas.

Penentuan rute ini bertujuan untuk menunjukkan pada peserta kegiatan, kalau di Humbang Hasundutan terdapat objek-objek wisata menarik.

Tour dilepas oleh Kapolsek Dolok Sanggul – Baktiraja, pada pukul 07.00 WIB, iringan peserta dikawal oleh Polisi.

Coffee Hotel Ayola Dolok Sanggul merupakan hotel berbintang yang mengangkat nilai-nilai budaya Batak dalam konsep tata ruang yang terpadu serta mengusung tema pelestarian lingkungan. Hotel ini direncanakan siap melayani tamu di kota dingin Dolok Sanggul dalam waktu dekat.

Tidak tanggung-tanggung, kegiatan ini diikuti peserta dari berbagai daerah di luar Humbang Hasundutan seperti Medan, Siantar, Tebing Tinggi. Para peserta juga berasal dari berbagai instansi, bahkan beberapa peserta berasal dari komunitas sepeda yang sudah berpengalaman.

TERKAIT  Lebaran Pertama, Sungai Lae Merah Diminati Pengunjung

Tentu, kegiatan ini terlaksana berkat dukungan dan kerjasama panitia dengan berbagai sponsor.

Beberapa peserta dari komunitas Siantar mengaku, rute sepeda yang mereka ikuti kali ini cukup menantang, namun penuh kejutan karena setiap lokasi pemberhentian merupakan objek wisata yang menarik.

Keseruan perjalanan bertambah dengan story telling yang menarik dari pemandu wisata yang disediakan oleh panitia. Perjalanan pun tidak sebatas olahraga, namun juga menambah informasi bagi peserta. Ibarat kata, sekali mendayung, dua tiga pulau terlewati.

Kegiatan berakhir di Restoran Terapung Tipang Mas pada pukul 12.00 WIB, dan seluruh peserta menikmati menu yang telah disediakan oleh panitia.

Di akhir kegiatan, Siska Simamora, panitia kegiatan merasa puas dan senang karena tujuan kegiatan ini berhasil mengenalkan Lembah Bakara dan Tipang pada wisatawan. Dia berharap kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut demi kemajuan Pariwisata Baktiraja.

Kegiatan-kegiatan seperti ini perlu digalakkan untuk mengenalkan objek-objek wisata di kawasan Danau Toba pada wisatawan. Di samping sebagai sosialisasi, secara tidak langsung kegiatan ini membiasakan warga setempat berinteraksi dengan kehadiran wisatawan. Karena pada dasarnya, kesuksesan pariwisata tergantung pada kerjasama semua elemen yang terkait di dalamnya.

 

Penulis   : Gomgom Lumbantoruan
Editor      : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU