spot_img

Mengenal Mengmong dan Hesek Alat Musik Batak Toba

SAMOSIR – Alat musik tradisional Batak Toba itu sangat beragam. Jika sebelumya ada Husapi (kecapi), Sagasaga dan Talatoit, kali ini ninnA memperkenalkan alat musik yang juga sangat tidak famaliar di telinga. Alat musik itu disebut Mengmong.

Alat musik ini terbuat dari bambu besar yang sudah berumur tua, minimal harus berumur kira kira sudah tahunan. Bambu yang sudah berumur tadi akan dipotong dari ruas ke ruas. Kemudian pada lingkaran bambu tersebut dipasangkan tali (senar) yang tidak lain berasal dari kulit bambu itu sendiri sebanyak tiga utas.

Untuk mengatur nadanya, dibuatlah suatu penghalang yang terbuat dari kayu kecil yang sudah dibentuk sedemikian rupa menjadi beberapa bagian, yang kemudian disebut Solang.

Setelah proses pembuatan tadi selesai, Mengmong ini pun nantinya akan dapat mengeluarkan bunyi yang dapat diatur dan diselaraskan dengan bunyi/nada yang dikeluarkan alat music Kecapi.

Cara memainkan alat ini dibantu dengan sebuah alat pemukul yang terbuat dari bahan karet yang dibuat menggumpal, tak ubahnya seperti alat pemukul Gong. Bedanya, jika memainkan Gong harus diketuk atau dipukul dari samping, untuk memainkan Mengmong diketuk atau dipukul dari bagian atanya.

TERKAIT  Ritual Suku Batak Selesai Membangun Rumah

Perbeaan lainnya, jika Gong dimainkan dengan 4 orang, Mengmong dapat dimainkan hanya oleh satu orang saja. Untuk istilah musiknya juga berbeda. Jika selama ini ada istilah musik atau jenis musik Ogung Panggora dengan Gong, maka jenis nada Panggora ini tidak ditemukan dalam Mengmong.

Selain Mengmong, masihn ada satu lagi alat musik Batak Toba yang tidak kalah penting, yaitu Hesek. Walau kelihatan simple, Hesek ini yang akan menentukan cepat lambatnya sebuah irama musik.

Alat ini hanya terbuat dari dua potongan besi yang dapat dimainkan dengan cara memukulkan kedua potong besi ini antara satu dengan yang lainnya. Pada musik tradisonal Batak Toba Gondang Sabangunan dan juga alunan musik Kecapi, Hesek ini memiliki peran penting sebab alat inilah yang akan mengatur tempo suara lagu atau nada yang akan dimainkan.

 

Penulis     : Aliman Tua Limbong
Editor        : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU