Mengenal Arak Bali, Souvenir Resmi KTT G20

BERSPONSOR

NINNA.ID – Arak Bali semakin terkenal dengan adanya KTT G20 yang diadakan di Bali. Dengan kehadiran pemimpin negara besar, di dunia untuk berbagai permasalahan dunia, arak Bali dijadikan souvenir G20.

Bagi yang sudah pernah ke Pulau Dewata, mungkin sudah pernah merasakan minuman dari Pulau Dewata ini. Bagi yang belum, yok kita kenal sekilas souvenir itu.

1. Arak Bali Tanpa Tambahan Kimia

Proses pembuatannya dilakukan secara tradisional. Dibuat secara alami dengan bahan-bahan yang sudah ada dari alam.

BERSPONSOR

Uniknya, arak Bali memiliki kadar alkohol tinggi padahal tidak ada campuran alkohol sedikitpun. Tuak atau nira dari kelapa menjadi bahan utamanya.

2. Nikmat Dicampur Bahan Alami Lain

Mungkin karena bahan dasanya menggunakan bahan alami saat pembuatan, minuman ini sangat cocok dicampur dengan bahan alami lain.

Mulai dari rempah-rempah, buah-buahan, hingga bahkan madu, bisa membuat arak ini semakin sedap diminum.

BERSPONSOR

Jenis buah sering dicampur antara lain mangga, jeruk Bali, nanas, hingga beragam jenis beri.

3. Sertifikasi BPOM

Sebagai salah satu minuman tradisional yang resmi, arak Bali  sudah bersertifikasi BPOM. Sertifikasi ini diberikan untuk arak yang telah diberikan tambahan rempah dan buah, seperti yang disebutkan di atas tadi, setelah melewati proses yang cermat.

TERKAIT  Link Nonton Final Girl Full HD Gratis di Bioskop Trans TV

Selama diminum sesuai takaran, arak Bali tidak berdampak negatif.

- Advertisement -

4. Banyak Manfaat

Selain sedap di lidah, minuman ini dipercaya memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah menurunkan panas tubuh. Untuk memperoleh manfaat ini, basahi kain atau saputangan dengan arak, lalu letakkan di bawah pusar.

5. Warisan Budaya Tak Benda

Minuman tradisional dari Bali ini telah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Dasarnya Surat Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 414/P/2022 tentang Penetapan WBTB Indonesia tahun 2022.

6. Perlindunga Podusen Jelas

Adanya Perda dan Pergub, membuat produsennya dilindungi secara hukum legal. Turunannya, adanya UMKM mengembangkan pengemasan produk arak Bali agar menjadi semakin eksklusif, sehingga nilainya semakin tinggi.

7. Souvenir G20

Terakhir ini, di KTT G20 yang diadakan di Bali, minuman beralkohol alami dengan lima varian rasa yang disediakan: rasa manggis, kopi, beri, rempah, dan arak Bali murni, menjadi souvenir.

Penulis : Mahadi Sitanggang

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU