spot_img

Menatap Indahnya Danau Toba dari Batu Sigumbang

DAIRI  Jika ada orang berkata “Pergilah jauh sampai ke ujung dunia, agar engkau menemukan dirimu sendiri”, maka jawab saja “Aku tak perlu pergi sampai ke Antartika untuk menemukan diri sendiri karena semuanya itu ada di Danau Toba”.

Ya, Danau Toba. Semakin kumeniliknya semakin pula raga ini terikat. Ku memulai perjalanan singkat kali ini dengan menyusuri jalanan yang landai ditemani angin dan hamparan Danau Toba yang seakan menyambut kedatanganku.

Tempat ku berpijak saat itu, merupakan batuan raksasa sisa letusan Gunung Toba kala itu. Banyak orang menyebutnya sebagai Batu Nauli Basa. Namun nama sebenarnya adalah Batu Sigumbang.

Tidak salah juga orang menyebutnya sebagai Batu Nauli Basa, karena pesona Danau Toba jika dipandang dari batu ini sungguh indah dan memesona.

Tidak memerlukan waktu yang sangat lama, hanya sekitar 30 menit dari kota Sidikalang aku tiba di tempat ini. Perjalanan pun tidak membosankan karena selama di perjalanan ditemani oleh rindangnya pepohonan.

Batu Sigumbang berada di pinggir jalan Dusun Sitiotio, Desa Silalahi II, Kecamatan Silahiabungan, Kabupaten Dairi.

Sebenarnya Nauli Basa merupakan istilah yang diberikan oleh warga sekitar sebagai kawasan yang disakralkan. Karena Tao Toba Silalahi ini masih kental dengan kultur yang menjadikannya sakral. Hal itu dapat dilihat dengan adanya batasan berenang di beberapa titik lokasi di kawasan Silalahi.

TERKAIT  Desa Sigapiton Menuju Desa Wisata
Batu Sigumbang 2
Melompati bebatuan di Batu Sigumbang.(foto:josua)

Untuk mencapai batu ini, bro dan sista ninnA harus sedikit melelahkan karena mendaki. Namun sesampainya di tujuan, panorama Danau Toba akan membayar lelah itu. Sampai saat ini belum biaya tiket masuk ke Batu Sigumbang ini.

Sayangnya, lokasi ini terlihat belum ditata sebagai destinasi wisata. Karena itu, jika bro dan sista berencana ke tempat ini, persiapkan juga membawa logistik seperti makanan dan minuman. Di tempat ini belum tersedia fasilitas pendukung untuk kenyamanan pengunjung.

Sesampainya di Batu Sigumbang ini, jika momennya terpat, sunset atau pun sunrise akan sangat memukau. Landscape Danau Toba sungguh jelas dari batu ini, sehingga tempat ini sangat instagramable jadi spot foto. Sesuai dengan namanya, di lokasi ini banyak ditemukan berbagai bentuk dan ukuran batuan vulkanis sisa letusan Gunung Toba.

Bagi bro dan sista ninnA yang menyukai potret alam dengan suasana yang masih alami, maka Batu Sigumbang ini adalah pilihan yang tepat. Mulai dari keindahan, ketenangan alam, sisi historis dan lingkungan yang asri bisa didapatkan di sini.

 

Penulis     : Ananda Josua Siburian
Editor         : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU