spot_img

Menapaki 102 Anak Tangga Menuju Bukit Cinta di Samosir

NINNA.ID – SAMOSIR | Bukit Holbung Sipege atau yang dikenal dengan Bukit Cinta, di Desa Hariarapohan, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara,  mulai mekar di hati pelancong muda.

Keindahan bukit ini bermula pada 2016, saat beberapa warga setempat menunjukkan foto-foto sekitar puncak Bukit Cinta di Samosir melalui media sosial. Sejak saat itu pelancong mulai banyak berkunjung. Tidak sekedar datang menikmati alam lalu pulang, mulai banyak juga yang berkemah di sana.

Dari Bukit Holbung tampak pemandangan Kenegerian Sihotang (Foto/Frederik Jo)

Semakin tingginya lonjakan pelancong yang datang, pemerintah desa setempat sepakat menjadikan tempat itu di bawah pengelolaan BUMDES.

Ketua Unit Parwisata Bumdes di sana, Polha Sihotang mengaku, sebelum pandemi Covid-19 jumlah pelancong sekitar 1.000 orang per pekan.

Setiap pelancong dikutip Rp 5.000 untuk parkir roda duda dan roda empat Rp 1.0000, biaya parkir plus kebersihan.

Untuk sampai ke bukit cinta, kita harus menapaki 102 anak tangga yang sudah dibangun oleh desa. Lelah? Pasti. Tapi begitu sampai di bukit pertama, keindahan panorama yang terbentang mampu membayar rasa lelah tadi. Saatnya menikmati keindahan dari Bukit Holbung.

TERKAIT  Sicike-cike Dairi, Surganya Anggrek dan Kantong Semar
Terpampang indah Gunung Pussuk Buhit dari Bukit Holbung Sipege (Foto/Frederik Jo)

Di sebelah Timur bukit, terlihat keindahan perkampungan Kenegerian Sihotang dan sebelah Barat perkampungan Holbung di pinggiran Danau Toba. Saat berkunjung ke sana baru-baru ini, NINNA ditemani Polha Sihotang. Penuh senyum dan selalu ceria, dia selalu menuturkan keindahan lain sekitar tempat itu, termasuk tujuan utama, Bukit Cinta.

Untuk melihat kebenaran Bukit Cinta ini, NINNA dibawa menuju bukit kedua. Dari bukit ini jelas terlihat pertemuan Danau Toba dengan perbukitan sekitarnya membentuk lambang “LOVE”. Pantas saja, banyak pelancong muda menjadikan tempat ini sebagai spot foto terbaiknya.

Permukaan Danau Toba membentuk “LOVE” terlihat dari Bukit Holbung.(Foto/Parasian)

Bukit Holbung terdiri dari sembilan bukit. Dari setiap puncak bukit berbeda pula panorma yang terlihat.  Di puncak bukit kesembilan, ada mata air yang sangat jernih. Rasa dahaga melewati bukit demi bukit itu, terpuaskan di mata air itu.

 

Penulis  : Parasian Sihotang

Editor     : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU