spot_img

GELIAT PRODUK LOKAL

Membuka Pasar Ekspor Produk UMKM Kaldera Toba

SIMALUNGUN – Ketua Dewan Penasehat Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Sumut yang juga Ketua Komite Kamar Dagang dan Industri (Kadin) se-Asean, Parlindunga Purba tertarik dengan kreatifitas produk UMKM dari kawasan Kaldera Toba. Bahkan, dia punya gagasan, agar produk dari kawasan Danau Toba ini dapat memasuki pasar ekspor.

Berpeluangnya produk UMKM Kaldera Toba itu memasuki pasar ekspor dikatakannya, Minggu (13/03/2022), di Opern Stage Parapat saat menutup Bazar The Onan of Caldera Toba. Bazar selama tiga hari itu memperkenalkan lebih banyak lagi produk UMKM di kawasan Danau Toba.

“Acara ini sangat bagus. Saya bangga dan bergembira atas terselenggaranya Bazar UMKM Kaldera Toba ini, berharap ke depannya lebih bagus dan bergaung lagi sehingga peluang produk UMKM ini cukup besar,” ujar Parlindungan.

Kunjungan mantan anggota DPD RI dari daerah Sumatera Utara ini semakin membawa angin segar kembangkitan ekonomi kreatif di Danau Toba.

Dia punya harapan besar, produk UMKM bisa memasuki pasar internasional.

“Langkah awal, saya akan kordinasi kepada pengurus UMKM Kaldera Toba untuk menginventarisir produk sehingga diharapkan pelaku UMKM mulai berbenah dan melengkapi profil usahanya, agar bisa produknya diperkenalkan ke pasar nasional dan internasional. Lalu melalui zoom conferensi kepada dunia luar dan negara sahabat,” tutur Parlindungan.

TERKAIT  Tinta Pemilu Gambir Pakpak, Alami dan Tahan Lama

Upaya membuka pintu ekspor bagi produk UMKM itu disambut positif Ketua Asosiasi UMKM Kaldera Toba Sumatera Utara, Marandus Sirait. Dia mengatakan, pameran yang digelar selama tiga hari itu diikuti oleh 50 peserta anggota UMKM aktif dan beberapa pelaku UMKM lain yang ingin bergabung dari kawasan Danau Toba dengan berbagai produk seperti kuliner, kriya dan fashion.

“Kami sebagai pelaku UMKM berharap kepada Parlindungan Purba bisa berkontribusi membenahi dan memajukan UMKM di kawasan Danau Toba. Latar belakangnya pernah menjadi anggota DPD RI dan sekarang sebagai penasehat Aspindo, jadi memiliki ide dan banyak relasi dan jaringan baik dalam dan luar negeri ,” ujar Marandus.

 

Penulis     : Ferindraha
Editor        : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU