spot_img

Memandang Danau Toba dari Binahal Indah Resort

SIMALUNGUN – Pernahkah terpikir berpindah-pindah lokasi dan kabupaten untuk memandang Danau Toba? Inilah yang sering dilakukan Biro Travel Widy Holidays Medan.

“Sejauh kita pergi ke ketinggian sekeliling Danau Toba, pastilah mendapat kenikmatan atas pemandangan Danau Toba yang indah ini ,” demikian kata Direktur yang juga owner Widy Holidays, H Amsyal kepada ninnA baru-baru ini.

Beberapa lokasi ketinggian yang telah diexplor Widy Holidays: Bukit Tara Bunga Kabupaten Toba, Sipinsur di Kabupaten Kabupaten Humbang Hasundutan, Huta Gijang Kabupaten Tapanuli Utara, Kaldera Kabupaten Toba,  Simarjarunjung Kabupaten Simalungun, Sipiso piso, Simalem Resort, Gajah Bobok Kabupaten Karo, dan Bukit Holbung, Sibeabea, Menara Pandang Tele di Kabupaten Samosir.

Sebagai usaha yang bergerak di bidang travel, hasil explor itu ternyata untuk bahan promosi kawasan Danau Toba ke beberapa kota dan negara. Wisatawan domestik dan mancanegara yang datang ke kawasan Danau Toba diajak untuk lebih mengenal Danau Toba lebih luas lagi, kalau keindahan Danau Toba ada di banyak sisi.

Bulan lalu tepatnya Maret (13/2022), Widy Holidays beserta staf dengan tidak bosan-bosannya kembali exploring ke objek wisata ketinggian yang bernama Binahal Indah Resort (BIR). Destinasi wisata ini dikelola Pokdarwis dengan melibatkan bapak dan masih berjalan 2 tahun.

Binahal Indah Resort berlokasi di Desa Ujung Saribu, Kecamatan Pematang Silimakuta, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Rute terdekat ke tempat ini dari Merek, sekitar 6 kilometer menuju Saribu Dolok . Jika anda melewati simpang jalan ke Sipisopiso, terus saja sampai anda menjumpai satu persimpangan ke kanan. Ikut jalur kanan dan sekitar 2 kilometer, anda akan tiba di lokasi wisata yang sangat spektakuler ini.

Sepanjang 2 kilometer perjalanan tadi, kondisi jalan masih bebatuan dan berlubang-lubang, kami tempuh menggunakan mini bus. Sedikit lelah perjalanan dengan kondisi jalan seperti itu memang terasa. Namun semua letih, lelah akan terbayar dengan kepuasan mata menikmati Danau Toba dari Ketinggian BIR ini. Apalagi kita langsung disambut tiupan angin sepoi-sepoi yang sejuk menambah betah tempat ini.

TERKAIT  Rayuan Lembah Sagala yang Indah Permai

Terkait jalan berbatu dan berlubang tadi, semoga saja nantinya pemerintah memberikan perhatian membangun jalan menuju destinasi wisata BIR ini. Apalagi, kondisi jalan menjadi salah satu faktor untuk kemajuan destinasi wisata.

Panorama alam menakjubkan di sini, telah didukung beberapa sarana seperti adanya cafe/restoran, glamping, toilet umum gratis yang dirawat dengan baik, 5 Villa untuk keluarga, camping ground dan penyewaan tenda untuk camping. Ada juga lokasi untuk melaksanakan kegiatan outbond lengkap dengan tenaga instrukturnya. Untuk menikmati outbond, terlebih dahulu disarankan menghubungi no WA 0812-7793-636. Adanya kelengkapan sarana itu, sudah bisa dibayangkan keseruan seandainya berwisata kemari dengan bermalam.

Binahal Indah Resort BIR 2
Binahal Indah Resort menyediakan camping ground dan penyewaan tenda.(foto:afni)

“Sayangnya kami tidak cukup persiapan dan informasi untuk wisata malam hari. Ini akan kami lakukan untuk merasakan wisata malam hari di BIR. Di hari kami datang waktu itu, kami lihat begitu banyak orang menginap, baik yang menginap di villa maupun di tenda. Bisa kita bayangkan keseruan memandang Danau Toba dengan kerlap-kerlip lampu-lampu di desa sekeliling danau,” ujar H Amsyal.

Masuk ke lokasi Binahal Indah Resort, pengunjung cukup membayar Rp5000/orang dan untuk sewa tenda Rp20.000/malam dan kendaraan parkir gratis. Biaya masuk ini cukup murah dibandingkan dengan lokasi lainnya dengan kelas yang sama pada objek wisata ketinggian sekeliling Danau Toba.

 

Citizen Jurnalis  : Afni
Editor  : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU