spot_img

Melirik Cuan Sekitar The Kaldera Nomadic Escape

TOBA – Sejak proyek pembangunan The Kaldera Nomadic Escape di Sibisa berjalan, masyarakat setempat maupun para pebisnis melirik lokasi ini untuk mendirikan sejumlah usaha. Di antaranya membuka mini market, toko kelontong, penginapan, restoran dan warung-warung kecil. Salah satu yang melirik lokasi ini di antaranya wanita yang akrab dipanggil Mama Lilis atau Arina boru Gultom.

Bersama suaminya, dia memusatkan perhatian kepada usaha kuliner bernama “Lilis” di Sibisa, Kabupaten Toba. Lokasi ini tidak jauh dari The Kaldera Nomadic Escape. Sekitar 200 meter di sebelah kiri sebelum jumpa The Kaldera Nomadic Escape. Tidak hanya restoran, ia juga menyediakan penginapan yang dipatok Rp200 ribu per malam. Di penginapan tersebut disediakan kamar mandi dan fasilitas seperti tempat tidur, selimut dan bantal.

Lebaran tahun ini, penginapannya yang berjumlah 4 kamar terisi penuh oleh wisatawan yang tadinya hendak menginap di Bobocabin The Kaldera Nomadic Escape. Jika nanti kamu hendak menginap di Bobocabin tapi kehabisan kamar di sana, kamu bisa memilih penginapan Mama Lilis ini sebagai alternatif.

Para wisatawan biasanya memilih menikmati makanan khas Batak di warung ini seperti Ikan Jahir Panggang dan menu khas Batak lainnya, dengan pesanan sebelumnya. Tapi menu yang selalu tersedia yakni menu nasional seperti nasi goreng, mie goreng, mie rebus, dan lainnya.

TERKAIT  Tiga Menit Menyeberangi Danau Toba Hanya Ada di Sini

Kamu tidak perlu khawatir untuk mampir ke restoran ini karena harganya relatif terjangkau. Di sore hari, Arina biasanya berjualan gorengan harga seribu per potong dekat pintu masuk The Kaldera.

Pemandangan di sekitar rest area ini memukau, khususnya buat kamu pencinta alam dan sejuknya hutan. Pada pagi hari kamu dapat menyaksikan kabut naik. Suhu dingin, bahkan sangat dingin. Suhu bisa menyentuh sekitar 20-23 derajat celsius.

Hembusan angin di pagi hari sangat segar, cocok buat kamu yang suka jogging. Di sekitar lokasi ini kamu akan melihat sejumlah pembangunan. Salah satunya proyek pembangunan The Kaldera di kiri maupun kanan jalan. Proyek di destinasi wisata masih terus berlanjut. Ada sejumlah alat berat terlihat mengeruk tanah. Destinasi yang berada di di Desa Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, Sumatera Utara terus dikebut oleh pemerintah melalui Badan Pelaksana Otorita Danau Toba.

 

Penulis  : Damayanti Sinaga
Editor     : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU