spot_img

Gondang Dalihan Natolu

Makna Gondang Dalam Budaya Batak (V)

NINNA.ID  – Gondang Batak Toba tidak lepas dari naungan Dalihan Natolu. Dengan demikian Gondang Batak Toba boleh diartikan sebagai perekat sesama Namartinodohon (abang adik). Demikian juga Namarhahamaranggi (satu garis keturunan) duduk bersama untuk melaksanakan acara yang dilakukan Hasuhuton (pembuat acara). Marga boru sangat berperan di sana untuk mengerjakan apa-apa saja yang penting dalam acara tersebut.

Dapat disimpulkan sukses tidaknya acara itu berkat kerja keras Parhobas (pihak  boru). Setelah acara usai mereka diberikan ulos,sebab menurut adat Batak Toba, makna ulos sangat tinggi.

Jika hajatan Pamoruan sebagai Hasuhutaon, maka Hulahula berperan untuk mengingatkan Pamoruonnya yang sedang melangsungkan hajatan itu.

Hulahula juga harus rela mendahulukan apa-apa saja yang kurang dalam acara tersebut, sesuai dengan filsafat Batak Toba nyebutkan Boltok Eme, Runsang Dawa. Ulaonni Hela ulaon ni Simatua.

Pada acara Pamoruonnya, Hulahula berperan memberi Boras Sipirni Tondi yang bermakna agar Hasuhuton terberkati. Pemberian Boras Sipirni tondi kerap dibarengi dengan Umpasa Batak Toba, “Pirma Pokki Bahulbahul Parsalongan. Pirma Tondi Muna Jomukjomuk Ma Pangomoan”.

Selain Boras Sipirni Tondi, Hulahula juga memberikan ulos yang bermakna agar Hasuhuton panjang umur murah rezeki serta banyak keturunan. Hulahula menyatakan Songon Torop Ni Rambu Ni Uloson Ma Torop Ni Pinompar Mu (semoga banyak keturunan). Maka dapat diartikan, ulos adalah simbol menyampaikan Pasupasu (berkat) kepada Pamoruonnya.

TERKAIT  Tahapan Ritual Mandudu (VII)

Tingkatan Hulahula
Hulahula dalam adat Batak versi  Samosir ada lima tingkatan. Hula hula Paling atas disebut Bona Ni Ari. Pihak ini akan dihadirkan Pamoruonnya di setiap acara besar.

Hulahula Parbonaan dapat berobah sesuai tingkatan yang membuat acara. Hulahula Bona Tulang yaitu tulang (paman) dari ayah yang melakukan acara tersebut. Tulang, adalah saudara kandung ibu yang berpesta dan Hulahula adalah saudara istri si pembuat acara.

 

Penulis    : Aliman Tua Limbong
Editor       : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU