Luhut Binsar Panjaitan Tinjau Persiapan Lahan Even F1H2O di Toba

BERSPONSOR

TOBA – Luhut Binsar Panjaitan (LBP) meninjau lokasi pelaksanaan even internasional F1H2O diperkirakan akan selesai pada akhir bulan Januari 2023.

“Kita lihat ini waktunya tinggal 50 hari ya. Jadi ini tadi teman-teman dari PUPR sama pak Bupati Poltak, kita ingin supaya ini selesai tanggal 20 lah selesai semua tuntas”, sebut Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Panjaitan (LBP) saat meninjau langsung persiapan lokasi pelaksanaan di Balige, Kabupaten Toba, Kamis (05/01/2022).

Pada kesempatan itu, LBP mengajak seluruh masyarakat Toba meningkatkan rasa peduli lingkungan yang diawali dengan membersihkan rumah dan kampung.

“Orang Batak itu harus seperti orang Bali G20. Kemarin itu saya imbau mereka dengan gubernur untuk bersihkan rumah dan kampungnya masing-masing. Mereka lakukan sukarela karena inikan untuk kepentingan ramai-ramai,” ujarnya.

BERSPONSOR

Lebih lanjut, disebutkan, pembenahan akan dilakukan secara bertahap melalui pembebasan lahan sempadan danau sepanjang 1,5 kilometer .

“Semua it’s ok, karena ga banyak bangunan ya. Nanti kita mau pak bupati, dibersihkan lagi ke sana karena sempadan itu sesuai undang-undang, kan tanah negara Jdi nanti kita ganti aja. Mereka dipindahkan dari situ biar tambah cantik juga Toba ini. Kan ini lima tahun kan. Jadi tiap tahun ada. Ini akan kita bebasin kira-kira 1,5 kilometer secara bertahap,” sebut LBP.

TERKAIT  Suami Istri Bertarung di Pilpanag Simalungun, Suami Mengaku Takut Kalah

Untuk penyelenggaraan event Internasional Power Boat F1H2O yang akan digelar pada tanggal 24-26 Februari 2023 mendatang, panitia juga mempersiapkan beberapa lokasi lain untuk menikmati perlombaan.

“Sebagai langkah awal di sini kita akan mengadakan even internasional F1H2O. Kita akan rapikan ini dan juga lapangan Pardede, Sipahoda lalu akan ada even yang juga diharapkan datang ribuan penonton lalu kita siarkan live di nasional televisi,” terang Maya Watono selaku Direktur Pemasaran.

BERSPONSOR

Keterlibatan masyarakat selama penyelenggaraan perlombaan F1H2O nantinya diharapkan berdampak pada peningkatan perekonomian.

“Pastinya kita melibatkan semua pihak. Di sini kan banyak sekali stakeholder yang terlibat. Dari Kemenkomarves, PUPR, BUMN juga masyarakat kita libatkan. Nanti juga acaranya kita buka untuk masyarakat sehingga masyarakat bisa menikmati. Akan ada puluhan UMKM supaya ada pemerataan ekonomi dan dampak ekonomi di daerah ini,” ujar Maya Watono di lapangan Sisingamangaraja, Balige, Kamis (05/01/2023).

Turut hadir Bupati Toba Poltak Sitorus, Dandim 0210/TU Letkol Inf Hari Sandra, Kapolda Sumut Irjen Pol Panca RZ Simanjuntak, Sekda Toba Augus Sitorus, mantan Bupati Toba Darwin Siagian, perwakilan Kementerian PUPR, Kemenkomarves, tim Injourney, Forkopimda dan jajaran OPD.

Penulis  : Desi
Editor    : Mahadi Sitanggang

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU