spot_img

Berdampak ke Danau Toba

Lonjakan Penumpang di KNIA Mencapai  8.000 Orang per Hari

NINNA.ID – Pelonggaran yang diberlakukan oleh pemerintah untuk melakukan perjalanan, memicu lonjakan penumpang di Kualanamu International Airport (KNIA). Lonjakan penumpang khususnya terjadi menjelang dan sesudah Lebaran. Ditambah lagi dibukanya pintu Kualanamu untuk penerbangan internasional. Hingga Mei 2022, KNIA sudah membuka penerbangan kedua negara yakni tujuan Singapura dan Malaysia.

Sejak dibuka, KNIA melayani penerbangan internasional 3 kali dalam seminggu menuju kedua negara ini. Setelah 27 Mei KNIA akan melayani penerbangan internasional setiap hari ke negara tetangga ini.

“Kemungkinan pada  Juni 2022 penerbangan ke Malaysia dan Singapura akan jadi tiap hari. Nantinya akan ada penambahan maskapai Citylink ke Kuala Lumpur. Untuk saat ini, Citylink sudah dapat izin rute. Tapi masih minta izin melalui Kementerian Perhubungan,” jelas Suparman, Airport Duty Manajer Officer In Charge (OIC) Kualanamu, saat ditemui di ruangan OIC, Rabu (11/05/2022).

Periode 22 April 2022-13 Mei 2022, untuk penerbangan domestik, jumlah pesawat yang masuk ke Kualanamu mencapai 1383 unit, sementara pesawat yang berangkat dari Kualanamu mencapai 1380 unit, dengan total penumpang yang masuk melalui Kualanamu 177.314 orang.

Dapat disimpulkan rata-rata penumpang domestik yang masuk ke Kualanamu berkisar 8.000 penumpang per hari. Sebaliknya, penumpang yang berangkat dari Kualanamu mencapai 164.056 orang. Dengan demikian, rata-rata penumpang yang berangkat dari Kualanamu 7.400 orang per hari.

Untuk penerbangan internasional pada periode yang sama, jumlah pesawat yang masuk ke Kualanamu mencapai 70 unit, sementara pesawat yang berangkat dari Kualanamu mencapai 73 unit. Total penumpang penerbangan internasional yang masuk melalui Kualanamu 6.933 orang  sementara penumpang yang berangkat dari Kualanamu mencapai 6.603 orang. Rata-rata penumpang penerbangan internasional yang masuk ke Kualanamu berkisar 315 penumpang per hari. Sebaliknya, rata-rata penumpang yang berangkat dari Kualanamu 300 orang per hari.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjamin kelonggaran dengan adanya kegiatan mudik di tahun ini lantaran kondisi kasus Covid-19 yang terkendali. Kelonggaran ini memicu lonjakan arus penumpang yang mudik maupun berwisata.

TERKAIT  Ratusan Land Rover Jajal Jalur Menantang di Pulau Samosir

Berkat kelonggaran ini, aktivitas perjalananan melalui pesawat udara melonjak. Aktivitas di KNIA khususnya mulai meningkat saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sudah dilonggarkan di berbagai daerah termasuk Sumatera Utara. Tadinya per hari hanya ada sekitar 800 penumpang yang masuk ataupun keluar.

Mei 2022 mencapai puncak baru sekitar 8.000 penumpang. Ada lonjakan yang signifikan dibanding Mei 2020.

Promosi Danau Toba
Saat disinggung soal promosi Kawasan Danau Toba di Kualanamu, Suparman mengatakan Kualanamu terbuka untuk bekerjasama dengan instansi-instansi lainnya seperti Dinas Pariwisata Sumatera Utara untuk menyediakan ruang promosi destinasi, produk dan jasa wisata di Kualanamu.

“Pasti wisatawan akan senang disambut. Mereka juga bisa dapat informasi destinasi wisata begitu tiba di Kualanamu. Kita buka kerjasama bagi instansi-instansi, termasuk jika ada teman-teman yang buat pagelaran musik atau tarian di Bandara Kualanamu, silahkan hubungi kami, bisa kita rundingkan bagaimana,” ujar Suparman.

Tahun ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Menparekraf Sandiaga Uno dalam pernyataannya pada sebuah konferensi virtual mengatakan Indonesia memiliki peluang mendatangkan 3,6 juta wisatawan mancanegara pada 2022 jika situasi membaik. Ia pun berharap pertemuan Grand W20 Summit 2022 dapat berdampak terhadap pariwisata di Kawasan Danau Toba

Tahun ini juga Direktorat Jenderal Imigrasi Indonesia memperbolehkan 43 negara masuk ke Indonesia. Lima di antara negara tersebut merupakan pangsa pasar pariwisata Danau Toba yakni Malaysia, Singapura, RRC atau Tiongkok, Belanda, dan Jerman. Untuk pintu Kualanamu, masih hanya 2 rute yang terbuka ke pangsa pasar Danau Toba yakni Malaysia dan Singapura.

 

Penulis  : Damayanti Sinaga
Editor     : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU