spot_img

Libur Lebaran Homestay Kampung Warna Warni Diserbu

SIMALUNGUN – Tingkat hunian kamar hotel di Parapat meningkat drastis sejak H+1 Lebaran Idul Fitri 1443 H/2022 M. Selain Hotel berbintang dan Hotel Melati, Homestay seperti di Kampung Warna Warni Tigarihit turut merasakan dampak signifikan. Hampir 90% hunian kamar di kampung ini penuh.

Banyaknya tamu di homestay itu disampaikan Ketua Devisi Homestay Pokdarwis Kampung warna warni Tigarihit SL Sipahutar.

“Semua Homestay kita hampir full, selain yang dipesan melalui OTA, tamu penginap juga datang sendiri, atau rekom dari sesama tamu atau keluarga. Bookingan mencapai 90% sejak H1+lebaran,” ujar Sipahutar, Rabu (04/05/2022).

Sipahutar mengatakan, kepada seluruh pemilik homestay di Kampung Warna Warni Tigarihit telah disampaikan agar di berikan pelayanan yang memuaskan. Termasuk kebersihan, etika serta layanan makanan yang disediakan kepada tamu, harus memuaskan.

“Selain soal kebersihan dan konsumsi di homestay, kepada tamu juga disuguhkan informasi kuliner khas Tigarihit seperti kacang saok, dolung dolung dan sasagun,”ujarnya.

Menurut Sipahutar saat ini ada beberapa homestay yang terjual melalui OTA. Penjualan melalui OTA bertujuan untuk memperkenalkan kampung dan homestay secara online agar dikenal secara online dan promosi gratis.

Fasilitas homestay sudah sangat baik. Tiap kamar memiliki kamar mandi yang terpisah dari pemilik homestay, TV LCD, lemari, dan springbed yang luas.

Sebelumnya, Kampung warna warni Tigarihit masuk 50 besar terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 kategori Dewi Homestay yang diumumkan Menparekraf Sandiaga Uno, 27 April  lalu sebagai Desa Wisata Homestay.

TERKAIT  Ratusan Land Rover Jajal Jalur Menantang di Pulau Samosir

Kategori yang diperlombakan untuk ADWI 2022 berupa Desa Wisata (Dewi) penerapan CHSE, Dewi Digital, Dewi Souvenir (Kuliner, Fesyen, Kriya), Dewi Daya Tarik Wisata (Alam, Budaya, Buatan), Dewi Konten Kreatif, Dewi Homestay, dan Dewi Toilet Terbersih.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab Simalungun Mhd Fikri Damanik berharap kampung warna warni Tigarihit bisa menjaga nama baik Desa Wisata dalam pelayanan dan juga kebersihan lingkungan agar pengunjung betah dan kembali ke Tigarihit.

“Untuk warga Tigarihit terus jalin kerjasama yang solid antar warga dan tim untuk memajukan Tigarihit.” Ujar Kadisparbud Simalungun.

 

Penulis  : Ferindraha
Editor     : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU