spot_img

Lebaran, Kunjungan ke Parapat dan Danau Toba Meningkat

PARAPAT – Peningkatan arus mudik yang melewati dan berkunjung ke beberapa daerah wisata di Danau Toba mulai terlihat di kawasan Kota Parapat, Selasa Siang (03/05/2022). Lalulintas kendaraan di Jalinsum Toba – Medan sebaliknya, didominasi mobil pribadi. Permintaan hotel juga meningkat drastis di Parapat dan juga di Kawasan Danau Toba. Melandainya pandemi dan vaksinasi berperan mengingkatkan volume kunjungan liburan Idul Fitri 1443 H tahun ini.

AKBP Agus Tarigan Pamenwas Ditlantas Polda Sumut yang bertugas selama Lebaran di Parapat (28 April – 9 Mei 2022) mengatakan, arus lalulintas sudah mulai meningkat sesekali padat merayap. Namun masih bisa diatasi dengan kesigapan personil mengurai dibeberapa persimpangan jalan keluar masuk melewati Kota Parapat.

“Personil masih siaga melakukan pengaturan jalur arus lalulintas di persimpangan dan untuk pengalihan arus menjadi one way melalui Simpang Sitahoan, akan dilakukan secara situasional saat jalur lalulintas di Kota Parapat terpantau macet dan membludak,” lanjut Agus.

Kapolsek Parapat AKP J Silalahi mengungkapkan pengalihan arus Lalulintas dari Medan ke Parapat dan Toba telah dilakukan sejak pukul 12.00 WIB.

“Pengalihan arus telah dilakukan sejak pukul 12.00 WIB siang tadi. Jalur dari Medan ke Parapat atau Toba harus melewati jalan di Simpang Sitahoan, sedang dari Toba ke Medan tetap di jalur biasa melewati Parapat,” ujar AKP J Silalahi.

Ketua PHRI Simalungun Mike Sinaga membenarkan tingkat kunjungan wisata ke Parapat meningkat dari 2 tahun sebelumnya. Terbukti, tingkat hunian kamar hingga Sabtu pekan ini sudah penuh di beberapa hotel besar di Parapat.

“Mulai H+1, tingkat hunian dan permintaan kamar hotel meningkat hingga 80% dan juga beberapa bookingan tetap ada hingga hari Sabtu ini,” ujar Mike.

TERKAIT  Dewi Tigarihit Wakili Danau Toba dalam ADWI 2022

Peningkatan arus kunjungan wisata ke Danau Toba juga dirasakan oleh petugas di Pelabuhan Ajibata. Volume kendaraan yang menyeberang mengalami kenaikan.

GM ASDP Cabang Sibolga Partogi Tamba di Ajibata mengatakan crew kapal selalu standby memberi pelayanan prima hingga tengah malam bahkan Dini hari memberangkatkan penumpang dan kendaraan.

“Tadi malam hingga pukul 22.00 WIB terakhir. Untuk malam nanti tergantung situasi,sepanjang masih ada penumpang kita angkut,” Ujar Tamba

Sementara petugas pantai dan kapal wisata tradisional serta pedagang souvenir di pinggiran Pantai Parapat – Tigaraja terlihat sibuk melayani pengunjung.

Salah seorang penjual souvenir di Tigaraja, O Ambarita berharap momen hari raya ini menjadi awal bangkit dan menggeliatnya pariwisata Parapat dan Danau Toba.

“Semoga Lebaran ini menjadi permulaan dan awal pemulihan pariwisata di Parapat dan Danau Toba,” ujarnya sambil melayani konsumen.

 

Penulis  : Ferindraha
Editor     : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU