spot_img

Laut Punya Mursala, Danau Toba Punya Situmurun

TOBA – Jika Kabupaten Samosir dikenal sebagai Negeri Indah Kepingan Surga, tak salah juga menyebut Danau Toba itu hadiah dari surga. Pesona di sekitar tempat yang mulai akrab disebut Kaldera Toba ini, memang sangat memanjakan mata. Salah satunya Air Terjun Situmurun, yang masuk dalam wilayah administratif Toba.

“Air terjun Situmurun juga dikenal dengan nama lain yaitu, Binangalom. Dalam bahasa Indonesia, Binanga artinya sungai dan Lom artinya penyejuk. Sumber air ini mengalir dari salah satu sungai yang ada di Desa Binangalom, Lumban Julu, Kabupaten Toba”.

Demikian penjelasan seorang petugas di sekitar Air Terjun Situmurun, medio Oktober lalu. Itu versinya. Namun bagi warga di hulu air terjun punya pendapat lain.

“Sumber air terjun itu tetap dari Sungai Situmurun. Kalau Binangalom masih jauh lagi di Desa Hatinggian. Memang sebelum viral, beredar kabar sumbernya dari bInangalom,” jelas Pardede, warga Lumbanjulu yang tinggal dekat aliran Sungai Situmurun.

Terlepas akurasi informasi kedua sumber itu, keunikan dari air terjun ini adalah, tumpahan airnya yang langsung jatuh ke danau. Tak heran, banyak orang menyebut air terjun ini, kembaran Air Terjun Mursala yang ada di Tapanuli Tengah, yang tumpahan airnya langsung jatuh ke laut.

Pesona air terjun Situmurun yang mengagumkan semakin dipertegas dengan pemandangan sekitarnya, berupa tebing-tebing kokoh dan hijauh, yang memanjakan mata para traveler.

Di lokasi air terjun waktu tidak habis sia-sia. Berswafoto  di sini pasti mendapatkan latar belakang yang eksotik. Selain itu, traveler juga bisa berenang langsung di kaki air terjun ini. Namun dilarang untuk berenang terlalu dekat dengan air terjun, karena putaran arus dekat tumpahan air terjun itu tidak dapat diduga.

TERKAIT  Goa Singirngir di Sipolha Memiliki Stalaktit dan Stalakmit Indah

Selain itu, bro dan sista ninnA juga bisa memancing. Jangan kecewa jika lupa membawa joran, karena jasa penyewaan alat pancing tersedia di sini. Untuk biaya retribusi, bro dan sista juga tidak perlu memikirkan lagi, karena awak kapal yang bertanggungjawab kepada pengelola lokasi air terjun.

Akses Menuju Situmurun
Air terjun Situmurun berada tepat di Desa Jonggi Ni Huta, Kecamatan HutaJulu, Kabupaten Toba. Jika bro dan sista ninnA memilih via Parapat ke Pelabuhan Ajibata, maka membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk sampai di air terjun ini, dengan menggunakan jasa sewa kapal.

Dilansir dari travellingyuk.com, para wisatawan dapat menyewa kapal dengan kisaran harga Rp 1 juta hingga Rp 2 juta rupiah. Disarankan untuk bepergian dengan keluarga atau rombongan yang banyak, karena kapal wisata tradisional yang biasa ke sana dapat menampung hingga 100 orang. Dengan begitu, biaya rental atau sewa kapal dapat lebih murah diatasi bersama.

Biasanya, paket yang ditawarkan tidak hanya ke Air Terjun Situmurun. Jika harga telah disepakati, maka setelah mengintip pesona Air terjun Situmurun, traveler dapat mengelilingi objek lainnya yang ada disekitar Danau Toba seperti Batu Gantung, Desa Sigapiton, Tuktuk Siadong dan Desa Tomok.

Yuk, bro dan sista ninnA, manjakan dirimu dengan keindahan Danau Toba yang memesona, dan ceritakan kisahmu setelah mengunjungi Air Terjun Situmurun.

 

Penulis     : Ananda Josua Siburian
Editor        : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU