spot_img

Launching Toba Fashion Week 2022

TOBA – Toba Fashion Week 2022 adalah pagelaran akbar untuk busana yang akan dilaksanakan di Kota Balige, Kabupaten Toba, di bulan Agustus 2022.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Perkumpulan Hutanta Cerdas Cermat, dan kegiatan Toba Fashion Week ini menjadi wadah kolaborasi untuk berkarya dari banyak insan kreatif muda di kawasan Danau Toba.

Sebelumnya (10/05/2022), sehubungan dengan Toba Fashion Week telah masuk menjadi salah satu event dalam Calender of Event Pariwisata Danau Toba 2022 Kemenparekraf/Baparekraf, telah dilaksanakan Launching Toba Fashion Week 2022 yang dirilis oleh Direktur Utama BPODT, Jimmy B Panjaitan. Acara ini dihadiri perwakilan pemerintah di kawasan Kaldera Toba dan Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Utara. Hadir pula perwakilan dari Bank Indonesia, Yayasan Paperata, para designer dan pemilik brand seperti Batiktak dan Batik Batak Melayu.

Saat itu Jimmy menjelaskan Toba Fashion Week merupakan salah satu dari 17 Calender of Event Danau Toba 2022. Menurutnya, acara ini dirancang untuk menjadi kegiatan yang merupakan kebanggaan bersama masyarakat di Kawasan Danau Toba.

Katanya lagi, kegiatan ini diproyeksikan dapat menjadi salah satu ikon tujuan wisata, dengan harapan akan menambah kunjungan wisatawan sehingga mampu meningkatkan jumlah dan lama tinggal wisatawan. Kegiatan ini dikerjakan bersama dengan berbagai komunitas muda di bidang ekonomi kreatif, dan berafiliasi dengan pemerintah daerah di 8 (delapan) kabupaten di kawasan Danau Toba.

TERKAIT  Mendorong Desa Wisata Menawarkan Pengalaman yang Unik

Event puncak yang akan digelar tanggal 26-28 agustus tersebut diharapkan dapat menggali dan memanfaatkan semua kearifan lokal di Kawasan Danau Toba, seperti seni, budaya, alam, sehingga mampu menghasilkan transaksi ekonomi dari produk ekonomi kreatif sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pemulihan ekonomi.

Peluncuran kegiatan ini menjadi tanda dibukanya pendaftaran untuk rangkaian kegiatan kompetisi yaitu Face of Toba, pemilihan icon Toba Fashion Week 2022. Serta pendaftaran untuk kolaborasi model, fotografer, crew/volunteer, brand/designer, juga UMKM.

 

Penulis  : Edward Limbong
Editor     : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU