Lalu Lintas di Bandara Silangit Meningkat, Diprediksi 27.500 Penumpang Selama Nataru

BERSPONSOR

Taput, NINNA.ID-Lalu lintas penumpang di Bandara Silangit jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) meningkat.

Executive General Manager Bandara International Silangit, Ardon Marbun memprediksi 27.500 penumpang yang akan keluar masuk selama libur panjang Hari Natal 2023 dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Peningkatan diprediksi berlangsung selama 17 hari, terhitung mulai tanggal 19 Desember 2023 hingga 4 Januari 2024. Kenaikan atau angka ini lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya.

“Kenaikan jumlah penumpang bisa mencapai 8-10 persen dibandingkan tahun sebelumnya,” jelas Ardon.

BERSPONSOR

Adapun maskapai yang masuk keluar dari Bandara Silangit antara lain Super Air Jet, Batik Air, Citilink, dan Air Asia.

Maskapai tersebut melayanani penumpang dari Bandara Soekarno-Hatta dan Halim Perdana Kusuma, Jakarta menuju Bandara Silangit, dan sebaliknya.

Selain itu, penerbangan dari Dumai juga ada menuju Bandara Silangit, dan sebaliknya.

“Lalu lintas penerbangan di Bandara Silangit rata-rata 12 kali sehari. Yang masuk ke Silangit 6 pesawat, yang berangkat 6 pesawat. Jadwal penerbangan dimulai pukul 8 hingga pukul 15.00 WIB. Khusus tujuan Batam penerbangan cuma setiap hari Senin dan Jumat saja,” jelasnya.

BERSPONSOR

Guna memudahkan wisatawan menuju kampung halaman maupun tujuan masing-masing, Silangit menyediakan transportasi pendukung. Di antaranya Bus Damri, Sampri, Noah, Trans Tapanuli dan Grab.

“Kita berikan yang terbaik kepada penumpang yang menggunakan Bandara Silangit,” ujarnya.

Silangit
Situasi di Bandara Silangit pada Rabu 20 Desember 2023 (foto: istimewa)

Profil Bandara Silangit

Menyadur beberapa sumber, Bandara Silangit adalah bandara yang terletak di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Indonesia.

- Advertisement -

Bandara ini adalah bandara internasional yang melayani penerbangan domestik dan internasional.

Bandara Silangit dibangun pada tahun 2008 dan mulai beroperasi pada tahun 2012. Bandara ini terletak di ketinggian 786 meter di atas permukaan laut dan memiliki landasan pacu sepanjang 2.650 meter.

TERKAIT  Kembali Merumput sebagai Pelatih Club Brugge, Nama Ole Gunnar Solskjaer Viral

Bandara Silangit telah menjadi salah satu bandara terpenting di Sumatera Utara karena terletak di area pariwisata Danau Toba.

Danau Toba adalah salah satu objek wisata paling populer di Indonesia, dan Bandara Silangit memungkinkan para wisatawan untuk lebih mudah mengakses daerah ini. Pada tahun 2019, Bandara Silangit melayani lebih dari 1 juta penumpang.

Bandara Silangit terus berkembang dan meningkatkan kualitas layanan kepada penumpangnya.

Beberapa fasilitas yang disediakan di bandara ini antara lain area parkir yang luas, area check-in yang nyaman, area tunggu yang dilengkapi dengan AC dan kursi yang nyaman, serta fasilitas restoran dan kios souvenir.

Selain itu, Bandara Silangit juga dilengkapi dengan fasilitas navigasi udara yang modern seperti ILS (Instrument Landing System) dan PAPI (Precision Approach Path Indicator), yang membantu pesawat untuk mendarat dan lepas landas dengan aman.

Bandara Silangit juga memiliki sejumlah maskapai penerbangan yang melayani rute domestik dan internasional.

Beberapa maskapai penerbangan yang beroperasi di Bandara Silangit antara lain Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya Air, Citilink, Air Asia, dan Maskapai Internasional seperti SilkAir dan Scoot.

Tak hanya itu, Bandara Silangit juga menjadi pintu masuk ke objek wisata lain di Tapanuli Utara seperti Pantai Pandan dan Wisata Alam Sipiso-piso.

Kehadiran Bandara Silangit memberikan dampak positif pada perekonomian daerah, dengan meningkatkan kunjungan wisata dan membuka peluang kerja di sektor pariwisata.

Penulis: Damayanti Sinaga
Editor: Damayanti Sinaga

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU