spot_img

KMP Ihan Batak Primadona Berlayar Membelah Danau Toba

TOBA – KMP Ihan Batak merupakan salah satu kapal Roro (Roll on – Roll off), yang kini menjadi primadona berlayar membelah Danau Toba, dari Ajibata menuju Negeri Indah Kepingan Surga. Pasca pandemi, kapal ini meluncurkan jadwal terbaru untuk penyeberangan dari daratan Sumatera ke Pulau Samosir.

Kapal Roro yang megah ini menghabiskan waktu pengerjaan selama 15 bulan, dari Agustus 2017 hingga November 2018, dan  diluncurkan langsung oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di Desa Parparean II, Kecamatan Porsea, Toba Samosir (sebelum berganti nama menjadi Toba).

Saat resmi beroperasi bulan Desember 2018 sampai sekarang, KMP Ihan Batak dikelola oleh PT ASDP Cababang Sibolga. Kapal berkapasitas 280 orang penumpang dengan daya angkut 35-40 unit mobil jenis mini bus. Rutenya dari pelabuhan Ajibata Kabupaten Toba dan Pelabuhan Ambarita Kabupaten Samosir, sebaliknya.

Badan kapal KMP Ihan Batak yang cukup besar untuk ukuran kapal yang selama ini ada di Danau Toba, memberikan kesan megah. Di lantai pertama diperuntukkan khusus untuk kendaraan. Kemewahan mulai terasa setelah memasuki lantai kedua.

Untuk memanjakan penumpang, disediakan ruangan VIP dengan fasilitas fleksibel seat lengkap dengan AC. Tersedia juga mini coffe shop dengan sofa empuk.

Naik ke lantai tiga, didesain dengan ruangan terbuka agar lebih leluasa melihat lebih jauh lanskap Danau Toba. Sudah pasti, ruang ini menjadi tempat asyik para penumpang untuk berselfie ria.

Harga tiket cukup terjangkau dan memberikan kebebasan kepada siapa saja menikmati fasilitas yang ada.

Pemesanaan tiket bisa dilakukan melalui hotline (WA) 0811-1021-191 dan pemesanan di loket dengan metode cashless, dengan pembayaran digital atau kartu virtual account, bagian dari protokol kesehatan menghindari kontak langsung jika menggunakan uang tunai.

Menurut GM ASDP pengelola KMP Ihan Batak Partogi Tamba, layanan rute Ajibata – Ambarita bagian dukungan kepada pariwisata Danau Toba. Tidak hanya untuk penumpang berkendaraan, kapal ini juga terbuka bagi pejalan kaki.

Ihan Batak Jadwal

Dia menjelaskan, jadwal KMP Ihan Batak selalu di-update dan diperbaharui sesuai situasi lapangan sebagai wujud pelayanan prima yang selalu dilakukan ASDP. Tidak lupa dengan menerapkan protokol yang ketat.

 

Penulis   : Feriandra
Editor      : Mahadi Sitanggang

 

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU