Kicauan Netizen Soal CCTV Bikin Polisi Kalang Kabut

BERSPONSOR

NINNA.ID – Kicauan netizen soal keberadaan CCTV pascaterbunuhnya Brigadir J ternyata membuat polisi kalang kabut. Eks Kanit I Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKP Rifaizal Samual mengatakan, mereka terdesak mengecek CCTV di rumah Ferdy Sambo di Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Dia bersaksi dalam persidangan AKP Irfan Widyanto terkait kasus obstruction of justice di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (03/11/2022).

Dua hari setelah insiden pembunuhan Brigadir J, memang kicauan nitizen membanjiri media sosial di semua platform.

“Info di Tribun Jambi kurang lebih jam 15 atau jam 16 sore harinya, kasus itu sudah beredar luas. Ramai di medson,” ujar Samual.

BERSPONSOR

“Setelah kami scrolling, kicauan netizen mengatakan, ‘lihat CCTV’. Kurang lebih seperti itu,” sambungnya.

Lantas Samual tancap gas melaporkan hal itu kepada atasannya AKBP Ridwan Soplanit yang saat itu masih menjabat sebagai Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan.

Pada malam harinya, anak buah Sambo, yakni AKBP Arif Rachman Arifin dan Kompol Chuck Putranto datang ke Polres Metro Jaksel untuk berkoordinasi dengan Samual.

Samual mengeluhkan Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi sulit diajak berkoordinasi terkait CCTV. Pihak tertentu diduga telah mengambil rekaman penting inside itu.

BERSPONSOR

“Terkait masalah CCTV, kami mendapat kabar CCTV diamankan tim lain,” kata Samual.

CCTV Rumah Ridwan Juga Diambil

Ternyata  AKP Irfan Widyanto juga dikatakan ikut mengambil rekaman kamera CCTV rumah eks Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan AKBP Ridwan Soplanit, pascapembunuhan Brigadir J.

Ridwan mengatakan fakta itu dalam persidangan AKP Irfan Widyanto di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (3/11/2022).

- Advertisement -

Dekatnya rumah Ridwan dengan rumah Ferdy Sambo di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, diduga menjadi penyebab diambilnya CCTV di rumah Ridwan.

Ridwan mengatakan, sejumlah saksi yang hendak diperiksa terkait penembakan Brigadir J, ternyata sudah dibawa oknum lain ke Propam Polri.

“9 Juli itu rentetan dari pagi saat tim saya yang tadinya mau ambil saksi untuk bawa ke Polres, ternyata tanggal malah disuruh lakukan pemeriksaan di Propam Mabes Polri,” kata Ridwan.

TERKAIT  Hiks! Perusahaan Kerap Pakai Modus agar Tak Membayar THR

Sorenya, Ridwan bertemu dengan Irfan, dan meminta Ridwan untuk menyerahkan rekaman CCTV di rumahnya.

“Bang, izin, Bang, saya mau minta DVR CCTV rumah Abang,” ujar Ridwan menirukan Irfan.

Ditanya siapa yang suruh, Irfan menunjuk ke arah Kombes Agus Nurpatria. Namun Ridwan tak lantas memberikan rekaman CCTV itu ke Irfan.

“Setelah itu, saya bilang nanti saja Sekitar pukul 17.00 saya balik ke rumah. Tak lama Ada telepon Irfan hampir Magrib.

“Izin, Bang, saya depan rumah Abang,” kata Ridwan lagi menirukan Irfan.

Ridwan tertegun kala Irfan mengaku dirinya sudah diperintahkan untuk mengambil rekaman CCTV di rumahnya.

Kesaksian PRT Sambo

Sebelumnya JPU mencecar pekerja rumah tangga (PRT) yang bekerja untuk Ferdy Sambo dan Putri Candrawarhi, Daryanto a.k.a Kodir. Pasalnya, keterangan yang disampaikan Kodir dalam sidang kasus obstruction of justice pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat tak masuk akal.

Kodir sehari-hari bekerja di rumah dinas Ferdy Sambo di Komplek Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Pada 8 Juli 2022, sejak pagi hingga saat penembakan yang menewaskan Yosua terjadi, Kodir berada di rumah tersebut.

Kodir mengaku mengecek CCTV dan mendapati benda tersebut dalam kondisi rusak pada 15 Juni 2022. Dia mengatakan, CCTV itu berada di kamar utama lantai satu yakni di kamar Sambo dan Putri.

JPU sempat meninggi kala Kodir tertawa ketika menjawab pertanyaan. Bahkan, JPU meminta Kodir untuk tidak berbohong dalam menyampaikan keterangan.

“Saya lihat kau lantang cepat jawab,” ucap JPU di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis.

“Hehe, siap Pak,” kata Kodir seraya tertawa kecil.

“Jangan bohong lah. Jangan ketawa. Jangan cepat-cepat, jangan bohong, kejebak lho,” cecar JPU.

Editor : Mahadi Sitanggang

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU