spot_img

“Kepingan Surga” Tersembunyi di Kawasan Danau Toba

NINNA.ID – Jauh sebelum kawasan Danau Toba ditetapkan sebagai Geopark, pesona sisa letusan gunung api raksasa ini, Gunung Toba, telah menarik perhatian dunia. Hampir dari tiap jengkal sudut di kawasan ini,  menawarkan lukisan alam yang membuat decak kagum.

Danau ini menjadi kebanggaan Sumatera Utara dan Indonesia, khususnya orang Batak. Kawasan ini, menyimpan segudang pesona yang kerap dibandingkan dengan imajinasi keindahan surga.

Berikut ini kami sajikan beberapa tempat yang membuat wisatawan tercengan di kawasan Danau Toba. Yuk, kita mula dari Samosir.

1. Menjelajahi Pulau Tulas yang Tak Dihuni Manusia

Singgahi surga pulau tulas
Pulau Tulas (Foto;ist)

Bagi kamu pencinta alam dan ingin menemukan kedamaian tanpa diganggu siapa pun, wajib berkunjung ke Pulau Tulas. Uniknya, Pulau Tulas tidak dihuni oleh manusia. Jadi, jangan berharap ada fasilitas yang akan menunjang aktivitas, seperti toilet, restoran, bahkan penginapan.

Sejauh mata memandang hanya ada rerumputan luas dan ilalang yang menyegarkan mata. Untuk mencapai ke tempat ini, kamu perlu menyeberang ke Pulau Samosir dulu. Kemudian, menuju Kecamatan Sianjur Mula-Mula, lalu langsung menuju Pulau Tulas.

2. Menikmati Sejuknya Air Terjun Sitapigagan

Singgahi 5 surga
Air Terjun Sitapigagan.(foto:ist)

Tak jauh dari Pulau Tulas, ada Air Terjun Sitapigagan yang bisa kamu jangkau cukup berkendara selama 35 menit melalui Jalan Tulas. Air terjun cukup unik karena memiliki kemiringan sekitar 60 derajat dengan debit air yang deras.

Hal itu membuatnya terlihat seperti seluncuran anak-anak, ya? Namun ,jangan takut untuk bermain air atau mandi di Sitapigagan karena airnya jernih dan sejuk. Dijamin bikin gak mau pulang!

3. Berburu Sunset di Tanjung Unta

Singgahi 5 surga tanjung unta
Tanjung Unta (Foto:ist)

Disebut Tanjung Unta karena tempat yang merupakan perbukitan di daerah Danau Toba ini memiliki bentuk menyerupai hewan unta ketika \beristirahat. Serupa dengan Pulau Tulas, Tanjung Unta juga tidak berpenduduk.

TERKAIT  Kasean MPU BADA, Tempat Bersantai di Tengah Kota Salak

Namun, ada satu hal yang tak boleh dilewatkan ketika menyusuri tempat ini, yaitu berburu sunset. Lembayung senja yang menampakkan sinar kemerahan sangat memanjakan mata. Keindahannya mampu menyihir siapa saja yang memandangnya.

4. Menyusuri Wisata Edukasi Taman Eden 100

Singgahi 5 surga
Taman Eden 100.(Foto:ist)

Taman Eden 100 merupakan pusat konservasi tumbuhan sekaligus area wisata alam yang cocok dikunjungi bersama keluarga. Terletak di Kabupaten Toba Samosir, Taman Eden 100 menyediakan banyak objek wisata yang menarik, seperti Air Terjun 7 Tingkat, Bukit Manja, Camping Ground, Bukit Tarzan dan lain-lain.

Menariknya, di sini kamu juga akan diajak menanam 1 batang pohon yang diberi label namamu sendiri, lho. Wah, kapan lagi bisa berwisata sambil melestarikan alam, kan!

5. Mengintip Pesona Bukit Sipolha

Singgahi 5 surga Bukit Sipolha
Bukti Sipolha.(Foto:ist)

Danau Toba terkenal dengan lanskap perbukitan yang hijau, salah satunya adalah Bukit Sipolha. Keindahannya gak perlu diragukan lagi, deh. Kamu akan melihat satu pulau kecil berdiri tak jauh dari bukit ini, yakni Pulau Hole yang berlatar Danau Toba.

Di Bukit Sipolha, tidak hanya mengabadikan momen dengan kamera, kamu juga bisa berkemah karena bukit ini memiliki permukaan yang datar. Selain itu, melakukan kegiatan memancing tentu tak kalah mengasyikkan, bikin makin akrab dengan temanmu, nih!

Kelima surga tersembunyi di Danau Toba ini bakal membuatmu gak berkedip karena keindahannya. Lanskap alam hijaunya sangat menawan.

 

Sumber   : idntimes.com
Editor        : Mahadi Sitanggang

Berita yang sama sudah terbit sebelumnya di :
https://www.idntimes.com/travel/destination/ika-anindia-putri-1/surga-tersembunyi-danau-toba-c1c2/5

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU