spot_img

Kebun Teh Sidamanik Agro Wisata Menawan di Simalungun

SIMALUNGUN – Perkebunan Teh Sidamanik di Simalungun, bukan sekedar perusahaan pencari laba. Perusahaan milik BUMN ini, juga terbuka untuk umum sebagai agrowisata. Hamparan hijau daun teh di perkebunan itu, terlihat bagaikan permadani raksasa. Indah, menawan hati, sebagai salah satu pilihan berwisata di kawasan Danau Toba.

Jarak perkebunan yang juga dikenal dengan nama kebun Bah Butong ini dari Kota Pematangsiantar sekira 20 kilometer dan dapat ditempuh menggunakan angkutan umum, karena berada di jalur lintas antar kecamatan. Kondisi jalan dari Pematangsiantar juga sangat baik. Hanya saja, jalan masuk menuju lokasi agrowisata ini dari jalan utama sedikit berkerikil.

Untuk masuk ke area agrowisata kebun teh ini, traveler hanya membayar Rp 10.000 untuk roda empat dan Rp 5.000 untuk roda dua.

Banyak pilihan aktivitas atau atraksi wisata yang ditawarkan kepada traveler. Bro dan sista ninnA bisa berfoto ria dengan latar kebun teh hijau bak permadani. Tidak sedikit pula traveler mengabadikan momennya di sana dengan menerbangkan drone. Direkam dari udara, perkebunan teh ini memang semakin ciamik terlihat.

Selain mengabadikan momen dengan kamera dan drone, bro dan sista bisa merasakan sensasi memetik daun teh dengan menggunakan topi caping dan juga wadah untuk daun teh. Beberapa masyarakat sekitar akan menawarkan peralatan tersebut kepada traveler dengan jasa sewa sebesar Rp 5000.

TERKAIT  Huta Siallagan yang Selalu Membuat Kagum Wisatawan

“Para pengunjung dapat dengan bebas mengeksplorasi kebun teh ini hanya dengan membayar Rp 5000,” ujar Tio Damanik, seorang traveler, akhir Oktober lalu.

Setelah penat berkeliling mengambil daun teh, bro dan sista juga bisa duduk santai sembari meminum teh yang biasa dijual di pinggiran perkebunan oleh masyarakat. Harganya cukup terjangkau namun minum teh langsung di kebunnya, menghadirkan sensasi tersendiri.

Puas menikmati kebun teh dan menjajal sebagai pemetik teh, saatnya bro dan sista membawa buah tangan dari tempat ini. Bro dan sista bisa membeli bubuk teh yang langsung dijual di tempat itu.

Ayo, segera buat rencana perjalanan bro dan sista ke Kebun Teh Sidamanik. Tidak perlu jauh-jauh merasakan sensasi alam perkebunan teh ke Bogor sana,  karena Sumatera Utara Kebun Teh Sidamanik yang tak kalah menawan.

 

Penulis     : Ananda Siburian
Editor         : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU