spot_img

Kebakaran Masih Mengancam Hutan Kawasan Danau Toba

SAMOSIR – Senin (30/05/2022), kawasan hutan di Kabupaten Samosir menyala lagi. Api membakar puluhan hektar hutan di Desa Turpuk Malau, Kecamatan Harian Boho, Kabupaten Samosir. Tak banyak yang bisa dilakukan, saat lereng-lereng hutan di kawasan Danau Toba terbakar.

Pegiat lingkungan yang juga dikenal sebagai Bupati pertama di Kabupaten Samosir, Wilmar E Simanjorang, mengingatkan pemerintah, kebakaran hutan seperti yang baru terjadi di Samosir dan di hutan kawasan Danau Toba perlu ditangani dengan serius.

Khusus di Samosir, kata dia, penanggulangan bencana yang dilakukan oleh Pemkab Samosir selama ini tidak optimal. Parahnya, sebagian kawasan Danau Toba hutannya telah gosong dan setiap tahun peristiwa yang sama berulang terjadi.

Kepada wartawan, dia mengatakan, menyelamatkan lingkungan kawasan Danau Toba harus dilakukan dengan aksi nyata, bukan sekadar seremonial. Terlebih akhir-akhir ini kawasan hutan kawasan Danau Toba masih kerap terbakar.

Terbaru, adanya aksi penanaman pohon oleh PT Astra  Internasional bersama Pemerintah Kabupaten Samosir, diharapkan jangan hanya pencitraan semata dan seremonial belaka.

“Menyelamatkan lingkungan kawasan Danau Toba harus betul-betul dilakukan dengan aksi nyata dan tidak asal seremonial saja, apalagi akhir-akhir ini kawasan hutan di lereng Danau Toba selalu terbakar,” katanya kepada wartawan, Selasa (31/5/2022).

Sosok yang juga Kordinator Bidang Edukasi Litbang di BP TCUGG ini mengatakan, untuk apa asyik menanam pohon tapi tidak bisa merawat.

Ia menerangkan, tindakan preventif dan antisipatif harus menjadi acuan dalam bekerja mengatasi bencana, bukan reaktif  seperti biasa dilakukan selama ini. Penyediaan infrastruktur di titik rawan bencana termasuk tersedianya pemadam hingga helikopter untuk memadamkan api, saat ini dipandang sudah perlu. Pemerintah juga diminta mendirikan posko informasi bencana hingga edukasi kepada masyarakat.

TERKAIT  Tulila dan Mossak Ramaikan Hiburan Seni di Sipinsur

Sebelumnya, PT Astra Internasional melakukan penanaman 65.000 bibit pohon seluas 125 ha di Kabupaten Samosir. Hal tersebut dibenarkan Chief of Corporate Affairs Astra, Riza Deliansyah.

“Sebanyak 65.000 pohon akan ditanam di seluruh Indonesia, dan di antaranya 139.700 pohon akan ditanam di Kabupaten Samosir di Bukit Holbung, Desa Hariara Pohan, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir pada Senin (30/05/2022) kemarin,” ujarnya.

 

Penulis : Jogi S
Editor    : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU