spot_img

Kawasan Air Terjun Sigarantung dan Aek Natonang Longsor

SAMOSIR – Para pengguna jalan, khususnya travelers harus sangat hati-hati saat melintas menuju Air Terjun Sigarantung maupun Danau Aek Natonang. Pasalnya, terdapat lebih dari delapan jalan longsor dan berlubang besar sepanjang jalan. Mulai dari Simpang Hotel Agape hingga menuju Danau Aek Natonang.

Ada lubang atau longsor yang bahkan sangat parah. Jika para pengguna jalan tidak hati-hati saat berkendaraan, sangat berbahaya. Khusus untuk jalan yang berkelok-kelok mengikuti alur perbukitan, perlu ekstra hati-hati. Sebab, di sejumlah titik tidak terdapat pagar pengaman atau guard rail.

Jalanan yang berlubang dan longsor diduga disebabkan hujan yang terus mengguyur selama Februari. Masyarakat mengatakan, pada bulan Februari curah hujan sangat tinggi. Belakangan, sejumlah tempat longsor. Longsor parah khususnya terjadi di Air Terjun Sigarantung.

Longsor di Sigarantung
“Hujan terus-menerus bulan Februari makanya longsorlah bukit di dekat Air Terjun Sigarantung. Belakangan, pemerintah ratakan bukit yang longsor dengan alat-alat berat. Mungkin karena alat berat yang besar naik turun makanya jadi berlubang-lubang jalan itu. Gak tahan pondasi jalan itu menahan volume berat. Tadinya gak seperti itu kulihat bongkahannya tapi ini sudah makin besar,” ujar Lenny Silalahi, salah seorang warga di Huta Sitio-tio Sigarantung.

Wisatawan yang saat itu traveling melewati Sigarantung mengatakan perlu ada tanda pengingat bagi para pengguna jalan di sejumlah titik jalan berlubang tersebut. Saat berita ini ditulis, di dua titik ada tanda pengingat namun keduanya sudah rusak dan terperosok ke lubang yang dipasang tanda.

TERKAIT  Sandiaga Uno Resmikan Toyota EV Smart Mobility Project
Longsor MENUJU AIR TERJUN SIGARANTUNG SIMPANG AGAPE 2
Papan ‘Hati-hati Jalan Longsor’ jadi ‘korban jalan longsor.(foto:damayanti)

“Sebelum diperbaiki maunya ada tanda pengingat dibuat besar supaya pengguna jalan waspada sebelum melintas. Ini kan tidak ada diberi tanda. Hampir saja aku asyik jalan karena pikir jalan begitu mulus seperti jalan tol, aku enak saja melaju. Eh tiba-tiba ku lihat lobang besar. Untung tidak saat malam aku lewat situ. Kalau tidak, terjun bebaslah aku ke lobang besar itu,”  ujar salah seorang wisatawan yang sedang berhenti berselfi ria di Air Terjun Sigarantung.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir Tetti Naibaho mengatakan pihaknya segera menyampaikan kepada Dinas Pekerjaan Umum Samosir. Ia berharap jalan tersebut segera diatasi supaya para pengguna jalan, terutama wisatawan dapat menikmati libur dengan aman selama di Samosir.

“Kami akan sampaikan ke Dinas PU. Mereka nanti yang akan perbaiki jalan. Minta tolong foto-fotonya dibagikan ke kami,” pinta Tetti saat ditunjukkan foto jalan berlubang sepanjang Jalan Sigarantung.

 

Penulis   : Damayanti Sinaga
Editor     : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU