spot_img

Kalsim Waterpark, Wisata Wahana Air di Sidikalang

DAIRI – Bagi anda yang ingin menikmati hari libur bersama anak dan keluarga tercinta, Kalsim Waterpark yang berada di Desa Kalang Simbara, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi bisa menjadi tempat wisata pilihan. Selain nyaman, asri dan  sejuk, tempat wisata wahana air di lembah perladangan ini juga dilengkapi dengan spot foto menarik, yang membuat liburan anda lebih berkesan dan menyenangkan.

Setiap hari libur, tempat wisata di pinggiran Kota Sidikalang ini ramai dikunjungi, khususnya warga sekitar Kabupaten Dairi dan Pakpak Bharat. Pengunjung yang datang bisa menikmati dinginnya  air kolam yang jernih berasal dari mata air.

Walaupun tempat ini diperuntukkan bagi anak-anak, banyak juga orang tua ikut masuk ke dalam kolam menemani anak-anaknya bermain dan berenang. Tiket yang dikenakan masuk ke tempat wisata ini Rp 10.000 per orang, baik itu untuk anak-anak maupun orang dewasa. Mau tau apa saja wahana yang ada disini?

Di Kalsim Waterpark ini ada perosotan air berkelok dan bergelombang yang tentunya bikin menantang dan ketagihan. Waterboom atau ember tumpah, yang mengalirkan air kedalam ember, ketika ember penuh air secara otomatis akan menumpahkan isinya ke permukaan kolam, sehingga orang yang bermain di bawah ember tumpah diguyur tumpahan air tersebut. Untuk pengunjung yang ingin mandi dan berenang di kolam,  pengelola menyediakan ban sebagai pelampung

Kalsim Waterpark 1
Ada juga wahana untuk bermain sepeda air.(Foto:fajar)

Tidak jauh dari kolam water park, juga ada kolam khusus, wahana untuk bermain sepeda air. Pengunjung hanya bayar Rp 5000 per orang untuk satu kali putaran mengelilingi kolam yang cukup luas.

TERKAIT  Lebaran Pertama, Sungai Lae Merah Diminati Pengunjung

Untuk pengunjung yang ingin berselfie, ada beberapa spot foto menarik di lokasi waterpark ini. Pengunjung bisa berselfie dengan latar belakang  perosotan dan ember tumbah serta sepeda air. Ada juga replika robot transformer dan lainya.

Kalsim Waterpark 3
Disambut transformer.(Foto:fajar)

Tempat wisata ini kata pihak pengelola, juga kerap dikunjungi peserta didik usia dini (Paud) untuk kegiatan outing class atau  pengenalan alam terbuka. Di sini anak-anak Paud diajarkan untuk berani menghadapi rintangan dan cara berenang yang baik.

Di tempat ini juga dilengkapi mushola bagi pengunjung yang ingin melaksanakan sholat dan pondok untuk bersantai, serta restoran dan tempat ngopi, sehingga pengunjung tidak perlu lagi repot-repot membawa bekal makanan dan minuman dari rumah.

Kepada ninnA.id, pengelola waterpark Erna Srianti Boru Ujung menuturkan, kalau tempat wisata yang dibuka pada tahun 2019 lalu merupakan peninggalan orang tuanya, Alm Kamaruddin Ujung. Dulunya kolam ini hanya diperuntukan untuk  keluarga.

“Berjalannya waktu, karena banyak masyarakat yang  berdatangan, maka oleh orang tua kami tempat ini dibenahi dan dibuka untuk umum,” terang Erna.

Disebutkannya, akibat adanya pandemi Covid-19 tempat wisata  sempat tutup hampir dua tahun. Dan baru satu bulan ini, mereka membuka wahana itu kembali.

Disebutkan Erna, kolam waterpark yang dikelolanya buka setiap Kamis sampai Minggu, karena Senin sampai Rabu dilakukan pembersihan dan penggantian air, agar lokasi wisata tetap bersih dan air selalu jernih.

 

Penulis  : Fajar
Editor     : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU