Kabaharkam Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto Tinjau Venue F1H2O, Jamin Keamanan Pengunjung

BERSPONSOR

TOBA – Kabaharkam Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto tinjau perampungan venue F1H2O di Toba, Sabtu (11/2/2023). Ia bersama rombongan melihat secara langsung perampungan venue dan persiapan event berskala internasional F1H2O yang bakal diselenggarakan pada tanggal 24 hingga 26 Februari 2023 mendatang.

Selain itu, ia juga bersama rombongan mengendarai boat untuk melihat situasi perairan Danau Toba.

“Saya dari Kabaharkam bersama Polda dan berkoordinasi dengan Pemkab Toba. InJourney sebagai penyelenggara, dan Polri bertanggungjawab di bidang keamanan selama penyelenggaraan powerboat F1H2O ini,” ujar Kabaharkam Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto, Sabtu (11/2/2023).

Ia juga menyoal pengecekan lokasi yang saat ini tengah perampungan. Beberapa tribun bagi penonton dan rumah adat Batak Toba tengah perampungan yang berada di areal venue.

BERSPONSOR

“Sekaligus melakukan pengecekan persiapan lokasi dan semuanya yang berkaitan dengan masalah keamanan,” ungkapnya.

“Tadi sudah dipaparkan dan kami berdiskusi di posko. Saya sampaikan bahwa event internasional yang sangat baik sekali bagi Indonesia maupun Sumatra Utara, terutama bagi Kabupaten Toba,” sambungnya.

Ia berharap, seluruh stakeholder dapat menjadikan momen ini mempromosikan keindahan Danau Toba.

“Karena akan banyak orang datang menyaksikan powerboat ini. Ini harus dimanfaatkan Kabupaten Toba untuk mempersiapkan diri agar semua orang tahu bahwa Toba itu begitu indah,” jelasnya.

BERSPONSOR

Ia juga berharap, event ini bakal berdampak positif bagi perkembangan ekonomi masyarakat sekitar.

“Sehingga ini bisa menjadi promosi wisata, meningkatkan kegiatan sektor ekonomi yang efeknya akan banyak untuk masyarakat,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan, pihaknya juga telah merapikan jalur-jalur menuju venue dan areal yang dijadikan sebagai lokasi menonton.

TERKAIT  Kementerian Pariwisata RI Gelar SKKNI, KKNI dan Skema Okupasi

“Semua jalur jalan kita rapikan, buat yang indah sehingga dapat memberikan kesan ke para pengunjung dari luar kota bahwa Balige ini sangat indah. Dan dukungan masyarakat guna kelancaran kegiatan ini,” ujarnya.

- Advertisement -

Ia juga menyampaikan terkait pengamanan selama event F1H2O berlangsung, pihaknya sudah mempersiapkan bagaimana proses pengamanan di seluruh areal yang berhubungan dengan penyelenggaraan event.

Dijelaskan, kontainer yang digunakan mengangkut peralatan selama event saat ini tengah berangkat dari Pelabuhan Belawan menuju Kabupaten Toba, tepatnya di areal venue.

“Dari sektor keamanan, kita sudah mempersiapkan jauh hari. Tanggal 18 Februari 2023, kontainer sudah datang, ternyata hari ini sudah datang secara bertahap dikirim ke sini,” sambungnya.

Saat berada di venue, ia juga menyaksikan secara langsung proses perampungan lokasi yang saat ini berada pada angka 90 persen.

“Kita sudah lihat secara detail di venue. Ada beberapa tempat masyarakat yang juga dipersiapkan sebagai tempat menonton. Ini sudah kami bicarakan tadi supaya dikonsultasikan, diinventarisasi semuanya struktur kekuatannya,” ujarnya.

Kabaharkam Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto mengimbau agar standard harga dapat diselaraskan agar pengunjung tak merasa kecewa saat berada di Toba.

Bupati Toba Poltak Sitorus diharapkan lebih proaktif menyuarakan kepada produsen UMKM, pemilik restoran dan hal lain.

“Kita sudah minta kepada bupati agar UMKM, restoran jangan menaikkan harga secara tak wajar. Yang kemudian, orang nanti memberikan penilaian negatif terhadap Kabupaten Toba,” terangnya.

“Ini perhelatan kita semua. Ini tanggung jawab kita semua agar sama-sama menyukseskannya,” pungkasnya.

Penulis : Desi
Editor   : Mahadi Sitanggang

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU