Jenis Minyak Atsiri Ini Bisa Kamu Temukan di Danau Toba

BERSPONSOR

NINNA.ID – Tidak hanya kaya dengan komoditas pertanian, Danau Toba juga kaya akan Minyak Atsiri. Setidaknya terdapat sekitar 5 jenis Minyak Atsiri yang rutin diproduksi di Kawasan Danau Toba. Berikut di antaranya:

1. Minyak Atsiri Serai Wangi atau Citronella Oil.
2. Minyak Atsiri Cengkeh
3. Minyak Atisiri Nilam
4. Minyak Atsiri Eukaliptus
5. Minyak Atsiri Kemenyan

Selain itu, ada Minyak Atsiri jenis lain yang sebenarnya bisa dikembangkan namun belum dikelola oleh pengusaha di Kawasan Danau Toba secara konsisten. Misalnya, Minyak Atsiri Kayu Manis, Minyak Atsiri Bunga Lavender, Minyak Atsiri Daun Mint, Minyak Atsiri Lemon, Minyak Atsiri Andaliman, dan lainnya.

Minyak Atsiri
Daun sirih yang banyak dijumpai di kawasan Danau Toba juga diproduksi sebagai Minyak Atsiri di Pulau Bali.(foto:varash)

Disebut Minyak Atsiri atau Essential Oil karena minyak tersebut berasal dari penyulingan tumbuhan entah itu dari batang, daun, bunga maupun akar tanaman. Misanyal, untuk menghasilkan Minyak Atsiri Serai Wangi atau Citronella Oil, dibutuhkan batang tanaman Serai Wangi.

BERSPONSOR

Minyak Atsiri ini sangat jarang dijual murni ke konsumen langsung. Biasanya minyak ini akan dicampur dengan minyak lainnya. Kombinasi beberapa Minyak Atsiri tersebut kita temukan dalam brand terkenal seperti Minyak Telon, Minyak Tawon. Kedua jenis minyak ini mencampur beberapa Minyak Atsiri Serai Wangi dan minyak lainnya.

Untuk menemukan pengusaha atau penyuling Minyak Atsiri,bro dan sista Ninna bisa memeriksa konten artikel Ninna. Minyak Atsiri Serai Wangi atau Citronella Oil bisa ditemukan di Kabupaten Samosir, Kabupaten Toba, dan Kabupaten Humbang Hasundutan.n Untuk Minyak Nilam bisa ditemukan di Humbang Hasundutan.

Kegunaan Minyak Atsiri

Minyak Atsiri biasanya digunakan sebagai ramuan kosmetik, wewangian, obat, pembersih dan pelembut kulit, dan berbagai manfaat lainnya. Sebagian besar manfaatnya ada pada kandungan minyaknya. Karena sifat lemak dan minyak yang dapat menyerap dan menyimpan aroma, pembuat minyak rempah dapat membuat ramuan wangi yang sangat disukai karena keharumannya.

BERSPONSOR
TERKAIT  Bupati Toba Melepas Kontingen Mengikuti PORPROVSU

Zaman dahulu, minat masyarakat akan produk-produk wewangian menyebabkan munculnya kegiatan perdagangan yang tidak hanya berjual-beli barang-barang keperluan konsumen tetapi juga bahan mentah untuk membuat wewangian tersebut.

Belakangan, ada banyak perusahaan penampung Minyak Atsiri. Di Sumatera Utara terdapat sejumlah perusahaan yang menampung Minyak Atsiri ini di Kota Medan. Beberapa menampung dalam jumlah besar untuk diekspor. Salah satu perusahaan yang cukup terkenal yakni CV Aroma yang terletak di Jalan Timor Medan dekat Centre Point Mall Medan.

Prospek Minyak Atsiri

Karena permintaan masyarakat terhadap produk-produk kesehatan tidak pernah mati, prospek Minyak Astiri selalu cerah. Indonesia sendiri dikenal sebagai produsen Minyak Atsiri terbesar di dunia. Sekalipun ada banyak jenis Minyak Atsiri yang dapat diproduksi di Indonesia, hanya sebagian kecil jenis Minyak Atsiri yang telah berkembang dan sedang dikembangkan di Indonesia sampai lulus standar ekspor.

- Advertisement -

Selain di dalam negeri, permintaan Minyak Atsiri Indonesia memang lebih banyak datang dari luar negeri. Faktanya, beberapa negara di Eropa, seperti Swiss dan Jerman memerlukan Minyak Atsiri sekitar 5 ton per bulan.

Permintaan lainnya juga datang dari produsen obat atau kosmetik di Asia, bahkan Amerika Utara dan Amerika Selatan. Indonesia masih tercatat sebagai salah satu pemasok bahan baku Minyak Atsiri terbesar dunia.

Selain itu, Indonesia sendiri mempunyai Minyak Atsiri berjenis Minyak Nilam yang dikenal memiliki mutu terbaik dalam pasar Minyak Atsiri dunia. Produk Nilam dari Indonesia ini mampu menguasai pasar perdagangan Minyak Nilam dunia hingga 80-90 persen.

Penulis : Damayanti
Editor   : Mahadi Sitanggang

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU