spot_img

Jejak Budaya Karo di Desa Dokan

KARO – Sudah sejak lama permukiman ini dikenal sebagai simbol budaya Karo. Ada 1001 kisah tentang sejarah dan budaya Karo, bahkan yang masih dilestarikan turun temurun di desa ini. Dokan, salah satu desa di Kecamatan Merek ini dikenal sebagai Desa Budaya di Kabupaten Karo.

Akses menuju Desa Budaya Dokan ini sangat baik. Jika bro dan sista bertolak dari Kota Medan, maka akan menghabiskan waktu kurang lebih 3 jam dengan jarak tempuh 89 km.

Walau tidak ada kutipan atau biaya retribusi masuk ke Desa Dokan, tapi desa ini memberikan sesutu yang sangat berharga. Di desa ini, masih terpelihara dengan baik rumah adat Siwaluh Jabu yang menjadi simbol desa. Diterjemahkan ke bahasa Indonesia, Siwaluh artinya delapan dan Jabu artinya rumah. Maka Siwaluh Jabu artinya delapan rumah.

Desa Dokan 2
Atap ijuk yang sudah berlumut dan kepala kerbau di ujung atap Siwaluh Jabu.(foto:josua)

Rumah yang masih berkonstruksi tanpa paku atau kawat pengikat ini, merupakan rumah tradisional Karo. Traveler juga sangat disambut saat memasuki Siwaluh Jabu ini.

Usia rumah tradisional di Desa Dokan ini diperkirakan sudah ratusan tahun. Biasanya Siwaluh Jabu dihuni oleh 8 kepala keluarga dari satu induk keluarga besar.

TERKAIT  Sepanjang Jalan Sejuta Pesona

Salah satu fakta menarik dari Siwaluh Jabu, selain konstruksi bangunan tanpa paku atau kawat, seluruh bahan bangunannya terbuat dari bahan alami. Dinding dan lantai terbuat dari kayu, serta untuk atapnya terbuat dari ijuk.

Di dalam Siwaluh Jabu, terdapat dua dapur. Masing-masing dapur punya tungku yang digunakan kedelapan keluarga. Setiap tungku di rumah tradisional ini terdiri dari 5 daliken (batu tumpuan).

Filosofi jumlah daliken ini bermakna ada 5 marga utama dalam Suku Karo: Karo-karo, Perangin-angin, Ginting, Sembiring dan Tarigan.

Salah satu simbol mencolok pada rumah adat Siwaluh Jabu ini adalah kepala kerbau di ujung atap rumah. Peletakan kepala kerbau itu bukan tanpa alasan. Masyarakat Karo percaya, kepala kerbau mampu menolak bala yang kemungkinan menghampiri mereka.

Desa Dokan 3
Sepotong wajah di balik Siwaluh Jabu.(foto:josua)

Sekarang masih tersisa 8 rumah tradisional Siwaluh Jabu di desa ini. Setiap masuk ke dalam rumah ini, seolah membawa traveler kembali ke nuansa ratusan tahun lalu. Jadi, pastikan  jika berkunjung ke Karo, jangan lupa menjemput atmosfer kehidupan Karo kuno yang penuh cerita di Desa Budaya Dokan.

 

Penulis  : Ananda Josua Siburian
Editor     : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU