spot_img

Jangan Lewatkan Kolam Alam yang Jernih Begitu Tiba di Perdagangan

SIMALUNGUN – Di sekeliling Kota Perdagangan Kabupaten Simalungun umumnya ditanami sawit, karet, ataupun tanaman lainnya. Sepanjang kita mengeksplorasi lingkar luar kota ini, yang kita lihat adalah deretan perkebunan. Namun, ada satu lokasi menarik perhatian yang dijadikan sebagai destinasi wisata, yakni kolam mata air yang kerap dijuluki Kolam Mariah Bandar.

Kolam ini punya mata air bersih, dan jernih. Mata air ini senantiasa mengairi kolam yang luasnya cukup membuat wisatawan puas berenang dan berendam. Tapi tetap hati-hati karena dasar kolam tidak rata.

Di awal kita menginjakkan kaki, masih kelihatan bebatuan dan lumut yang menghinggapinya. Itu membuat kaki kita bisa terpeleset jika tidak hati-hati. Lambat laun melangkahkan kaki ke tengah, kolam ini semakin dalam.

Perdagangan 1
Serunya bermain di Kolam Maria Bandar.(foto:damayanti)

Jangan sepele dengan penampakan kolam ini dari jauh yang tampak dangkal. Semakin kita berenang ke tengah, akan sampai pada titik yang terlihat cukup dalam. Jika nanti bawa anak kecil kemari, selalu pantau dan jangan dilepas sendirian.

Warga  setempat mengatakan ada yang ke dalamnya melebihi 1,5 meter. Jika tidak waspada, mereka yang tidak bisa berenang bisa tenggelam.

Di sekitar kolam ini terdapat pepohonan di antaranya pohon beringin, enau dan lainnya. Pepohonan itu menambah polesan suasana di desa Desa Mariah Bandar ini sangat asri.

TERKAIT  10 Lokasi Air Terjun di Kawasan Danau Toba Layak Dikunjungi

Saat masuk, kami dipatok Rp5 ribu per sepeda motor. Untuk sewa pondok Rp20 ribu. Tarif kamar mandi Rp2 ribu per orang. Pengelola kolam ini juga menyediakan kuliner dengan harga relatif terjangkau.

Akses ke sini tidak begitu mulus. Tapi masih bisa dilalui dengan sepeda motor jenis apapun. Tidak begitu jauh dari Kota Perdagangan. Berkisar 20 menit dari pusat Kota. Bisa cek di Google Map dengan kata kunci Umbul Mariah Bandar. Jika ada sedikit kekeliruan arah, selalu pastikan dengan bertanya kepada penduduk setempat.

Saat kami ke sini, kami melihat ada papan petunjuk arah kecil menuju lokasi ini. Suasana menuju kolam ini cukup asri. Rumah-rumah warga dipenuhi tanaman-tanaman keras seperti manga, rambutan, durian dan lainnya.

Jika nanti kamu kebetulan berada atau singgah di Kota Perdagangan, sempatkanlah berkunjung kemari untuk menikmati suasana dan serunya berenang di Kolam Mariah Bandar ini.

 

Penulis   : Damayanti Sinaga
Editor       : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU