Jalur Tigaras-Simanindo Akses Terbaik dan Tercepat dari Medan Menuju Samosir

BERSPONSOR

NINNA.ID-Bro dan sista pasti ingin menempuh akses terbaik dan tercepat menuju Samosir dari Medan. Jika dulu akses terbaik adalah dari Jalur Pelabuhan Tigaraja-TukTuk atau Pelabuhan Ajibata-Tomok, kini Jalur Pelabuhan Tigaras-Simanindo menambah daftar akses.

Jika dulu, para pengguna kendaraan menghindari rute ini akibat jalan tidak mulus, sekarang bahkan Sampri dan Parisma telah buka trayek dari Medan menuju Samosir melewati Pelabuhan Tigaras.

Supir Parisma mengatakan, trayek Medan-Samosir melewati Tigaras dimulai pukul 07.00 WIB. Angkutan ini terus beroperasi tiap jam hingga trip terakhir pukul 14.00 WIB keluar dari Samosir. Pukul 13.00 keberangkatan terakhir dari Medan menuju Pulau Samosir.

PARISMA
Angkutan Parisma terus beroperasi tiap jam mulai dari pukul 07.00 pagi hingga trip terakhir pukul 14.00 WIB

Lama Perjalanan

BERSPONSOR

Berdasarkan estimasi waktu yang Ninna catat selama memasuki pintu Tol Amplas Medan hingga tiba di Pelabuhan Simanindo, hanya memakan waktu sekitar 4,5-5 jam. 2 jam habis di tol dan 2 jam lagi dari pintu Tol Tebing hingga tiba di Pelabuhan Simanindo.

Dengan estimasi laju kendaraan sekitar 50-60 km per jam di tol sementara di luar tol laju bervariasi. Tapi perlu digarisbawahi jalan lancar dan tidak ada kemacetan parah di jalan.

Begitu tiba di Pelabuhan Kapal Ferry atau kapal kayu, langsung berangkat. Maka estimasi di perjalanan menuju Samosir hanya 4,5-5 jam, lebih cepat dibandingkan via Parapat atau Ajibata.

Jarak Medan-Tigaras
Peta yang menunjukkan jarak Medan ke Tigaras dekat. Akses menuju ke Samosir lebih cepat via Tigaras. (infografik: Damayanti)

Jalan Lebih Baik dari Simpang POM Bensin

BERSPONSOR

Jalan menuju Pelabuhan Tigaras dari Simpang Sidamanik atau Simpang POM Bensin sudah lebih baik. Jalan Besar Saribu Dolok juga telah diperbaiki pemerintah.

TERKAIT  BI Bersama Industri Dorong Pembayaran Lintas Negara Perkuat Ekonomi ASEAN

Memang, ada sejumlah jalan yang masih belum rampung diselesaikan. Kabar yang beredar, perbaikan jalan akan segera dirampungkan akhir tahun.

Pengelola pelabuhan ini yakni BUMD PT Cipta Sarana bisa melayani 14 trip hingga 20 trip per hari.

Di hari puncak liburan, trip bisa menembus 20, yang membuat para pekerja di pelabuhan ini hanya istirahat 3 jam.

- Advertisement -

Untuk hari normal, Kapal Ferry berangkat jam 7 baik dari Pelabuhan Simanindo maupun Pelabuhan Tigaras. Kapal jalan tiap dua jam sekali. Trip berakhir pukul 19.30 baik dari Pelabuhan Tigaras maupun Pelabuhan Simanindo.

Pemandangan Bagus
Dari jalur ini juga para wisatawan akan disuguhkan pemandangan indah melewati Kebun Teh Sidamanik, pemandangan di puncak gunung sepanjang Tigaras, pemandangan di sepanjang Tigaras.

Jalur ini benar-benar jalur terbaik buat para pencinta fotografi. Khususnya di sepanjang Tigaras ada spot view keren yang menyejukkan mata.

Setelah tiba di Pelabuhan Simanindo, ada begitu banyak penginapan, hotel, dan homestay. Para travellers tidak sulit untuk menemukan homestay terjangkau.

Hampir di tiap desa terdapat homestay. Mulai dari homestay yang ada di sekitar Desa Simarmata, Desa Parbaba, Desa Lumban Suhi-Suhi dan desa lainnya.

Untuk wisata pantai, sobat tak perlu bingung. Sejak turun dari Pelabuhan Simanindo, ada begitu banyak pantai yang sobat bisa pilih.

Penulis: Damayanti Sinaga

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU