Jalan Terus Dibenahi, Wisatawan Kini Pilih Akses Via Tigaras-Simanindo ke Samosir

BERSPONSOR

Simalungun, NINNA.ID-Jalan menuju Tigaras terus dibenahi membuat para wisatawan semakin yakin untuk memilih akses via Pelabuhan Tigaras-Simanindo ke Samosir.

Di hari biasa maupun di hari libur seperti Minggu, jumlah wisatawan terutama para kaum backpackeran sering menggunakan akses ini menuju Samosir.

Kini, sejumlah armada bus pariwisata juga sering melintasi akses via Pelabuhan Tigaras-Simanindo. Toyota Hiace juga terlihat memadati antrian di pelabuhan Tigaras maupun Simanindo.

Jika dulu penumpang utama di kedua pelabuhan ini adalah minibus Parisma dan Pribumi, kini posisi mobil travel maupun bus pariwisata perlahan bergerak menggantikan keduanya.

BERSPONSOR
VIA TIGARAS
Armada bus pariwisata juga sering melintasi akses via Pelabuhan Tigaras-Simanindo (foto: Damayanti)

Jika dulu, para pengguna kendaraan menghindari rute ini akibat jalan tidak mulus, berkat perbaikan jalan, kini akses via Tigaras semakin diminati.

Pantauan Ninna yakni Minggu 2 Juni 2024, tampak pembenahan jalan masih dilanjutkan. Ada sejumlah plang dipasang bertuliskan”Hati-Hati Ada Galian Pelabaran Jalan”.

Perbaikan jalan menuju Tigaras
Ada sejumlah plang dipasang bertuliskan”Hati-Hati Ada Galian Pelabaran Jalan” (foto: Damayanti)

Lama Perjalanan

Berdasarkan estimasi waktu yang Ninna catat selama memasuki pintu Tol Amplas Medan hingga tiba di Pelabuhan Simanindo, hanya memakan waktu sekitar 4,5-5 jam. 2 jam habis di tol dan 2 jam lagi dari pintu Tol Tebing hingga tiba di Pelabuhan Simanindo.

BERSPONSOR
Jarak Medan-Tigaras
Peta yang menunjukkan jarak Medan ke Tigaras dekat. Akses menuju ke Samosir lebih cepat via Tigaras. (infografik: Damayanti)

Dengan estimasi laju kendaraan sekitar 50-60 km per jam di tol sementara di luar tol laju bervariasi. Tapi perlu digarisbawahi, dengn catatan jalan lancar selama perjalanan atau tidak ada kemacetan parah di jalan.

Begitu tiba di Pelabuhan Kapal Ferry atau kapal kayu, langsung berangkat. Maka estimasi di perjalanan menuju Samosir hanya 4,5-5 jam, lebih cepat dibandingkan via Parapat atau Ajibata.

Jalan Lebih Baik dari Simpang POM Bensin

TERKAIT  Selena Gomez dan Hailey Bieber Tampil Mesra, Tepis Isu Berseteru

Jalan menuju Pelabuhan Tigaras dari Simpang Sidamanik atau Simpang POM Bensin sudah lebih baik. Jalan Besar Saribu Dolok juga telah diperbaiki pemerintah.

- Advertisement -

Memang, ada sejumlah jalan yang masih belum rampung diselesaikan. Kabar yang beredar, perbaikan jalan akan segera dirampungkan.

Pengelola pelabuhan ini yakni BUMD PT Cipta Sarana mengatakan Kapal Ferry pengangkut mobil bisa melayani 14 trip hingga 20 trip per hari.

Di hari puncak liburan, trip bisa menembus lebih dari 20, yang membuat para pekerja di pelabuhan ini hanya istirahat 3 jam.

Untuk hari normal, Kapal Ferry berangkat jam 7 baik dari Pelabuhan Simanindo maupun Pelabuhan Tigaras.

Kapal jalan tiap dua jam sekali. Trip berakhir pukul 19.30 baik dari Pelabuhan Tigaras maupun Pelabuhan Simanindo.

Pemandangan Bagus

Dari jalur ini juga para wisatawan akan disuguhkan pemandangan indah melewati Kebun Teh Sidamanik, pemandangan di puncak gunung sepanjang Tigaras, pemandangan di sepanjang Tigaras.

Jalur ini benar-benar jalur terbaik buat para pencinta fotografi. Khususnya di sepanjang Tigaras ada spot view keren yang menyejukkan mata.

Setelah tiba di Pelabuhan Simanindo, ada begitu banyak penginapan, hotel, dan homestay.

Para travellers tidak sulit untuk menemukan homestay terjangkau.

Hampir di tiap desa terdapat homestay. Mulai dari homestay yang ada di sekitar Desa Simarmata, Desa Parbaba, Desa Lumban Suhi-Suhi dan desa lainnya.

Untuk wisata pantai, sobat tak perlu bingung. Sejak turun dari Pelabuhan Simanindo, ada begitu banyak pantai yang sobat bisa pilih.

Penulis: Damayanti Sinaga
Editor: Damayanti Sinaga

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU