Jalan Rusak dan Longsor di Simalungun Terabaikan

BERSPONSOR

SIMALUNGUN – Jalan rusak dan longsor di Kabupaten Simalungun terkesan masih diabaikan oleh pemerintah daerah. Baik kategori jalan provinsi maupun jalan kabupaten.

Kategori jalan provinsi yang rusak, seperti Jalan Asahan. Tingkat kerusakannya cukup parah, dan telah berlangsung lama. Padahal sebelumnya, sempat beredar kabar, jalan itu akan diperbaiki tahun ini oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) tahun ini.

Sementara, Jalan Jon Horailam Saragih yang longsor pada 28 Agustus 2022 di Kelurahan Sondi Raya, Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun, hingga saat ini, belum juga dilakukan perbaikan oleh Pemkab Simalungun.

Padahal Jalan Jon Horailam itu cukup urgen dalam hal pelayanan pemerintah kepada masyarakat. Sebab jalan itu merupakan akses utama untuk menuju gedung DPRD, Polres Simalungun, Kantor PDAM Tirta Lihou, KPU Simalungun dan sejumlah kantor organisasi perangkat daerah (OPD).

BERSPONSOR

Malah, dari pantauan jurnalis, Senin (03/10/2022), tampak bagian bahu jalan yang longsor semakin tergerus. Kini, badan jalan yang bisa dilintasi, hanya sebagian.

Kondisi itu membuat sejumlah warga pun, merasa khawatir saat melintas. “Pasti adalah rasa was-was. Soalnya, inikan musim hujan. Takut juga, saat lewat, longsor,” ucap J Saragih, pengendara sepeda motor selepas melalui jalan yang sebagian longsor tersebut.

TERKAIT  Empat Tahanan Polres Toba yang Kabur Berhasil Diciduk, Dua Dalam Pengejaran

Sehubungan dengan jalan yang longsor tersebut, Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Simalungun, Ramadan Damanik mengatakan, Jalan Jon Horailam Saragih tersebut, dalam waktu dekat ini akan segera diperbaiki.

Saat ini, tutur Ramadan Damanik, BPBD Simalungun sedang membuat gambar kontruksi, dan tekhnis pengerjaan. “Untuk itu segera akan dikerjakan tahun ini” ucap Ramadan.

BERSPONSOR

Sedangkan sebelumnya, Ketua Komisi II DPRD Simalungun, Binton Tindaon telah meminta Pemkab Simalungun, agar secepatnya menangani Jalan Jon Horailam yang longsor. Ia khawatir, jalan itu akan terputus seluruhnya, bila tidak segera ditangani. “Segeralah diperbaiki. Karena ini juga akses vital menuju instansi pemerintah,” ucap Binton Tindaon.

Sebagaimana diketahui, Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga (RHS) dan Wakil Bupati Zonny Waldi (ZW), ketika kampanye pada Pilkada 2020 yang lalu berjanji, akan melakukan perbaikan jalan rusak secara merata.

Dimasa kampanye, banyaknya jalan rusak di Simalungun menjadi hal yang sering disampaikan RHS dan ZW, untuk meraih simpati pemilih. Namun saat ini, jalan rusak masih juga banyak ditemukan di Simalungun.

 

- Advertisement -

Penulis   : Gunawan
Editor      : Mahadi Sitanggang

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU