Jalan Menuju Pelabuhan Pintu Batu Samosir Rusak, Berbahaya bagi Pengguna Jalan

BERSPONSOR

NINNA.ID-Jalan menuju Pelabuhan Pintu Batu Batu rusak, berbahaya bagi pengguna jalan. Bagi para pengguna jalan yang hendak turun dari jalan besar menuju Pelabuhan Pintu Batu perlu sangat berhati-hati, khususnya di jalan berbatuan yang rusak.

Menurut beberapa orang, jalan rusak tersebut sudah terjadi selama beberapa bulan terakhir. Penyebab utama karena hujan mengguyur, mengerus jalan terus-menerus hingga menyebabkan jalanan berlobang.

Jalanan berlobang memperparah keadaan jalan yang miring. Jika pengendara tidak mahir melewati turunan tajam, kendaraan bisa meluncur dan jatuh.

Pelabuhan Pintu Batu
Bagi para pengguna jalan yang hendak turun dari jalan besar menuju Pelabuha Pintu Batu perlu sangat berhati-hati, khususnya di jalan berbatuan yang rusak. (Foto: Damayanti)

Akses Strategis

BERSPONSOR

Masyarakat, khususnya wisatawan berharap Pemerintah Kabupaten Samosir segera membereskan jalan tersebut. Mengingat pelabuhan ini akses strategis menuju sejumlah destinasi wisata seperti Bukit Holbung, Desa Wisata Hariara Pohan, Bukit Sibea-bea, Togaraja dan lainnya.

Pelabuhan Pintu Batu merupakan pelabuhan yang ada di Jalan Simbolon Purba, Rianiate, Kabupaten Samosir. Pelabuhan ini merupakan akses menuju Pelabuhan Sihotang.

Bagi mereka ingin mempersingkat perjalanan menuju Bukit Holbung, dapat melewati jalur ini.

Selain sangat mempersingkat waktu tempuh, tarif kapal juga terjangkau. Tarif kapal Rp5 ribu per orang. Demikian juga dengan tarif sepeda motor.

BERSPONSOR
Pelabuhan Pintu Batu Batu
Kapal dari Pelabuhan Pintu Batu Batu berangkat menuju Pelabuhan Sihotang. (Foto: Damayanti)

Kapalnya lebih kecil dibandingkan kapal penumpang yang umum digunakan seperti di Pelabuhan Tomok. Jarak pandang dari tempat duduk ke air juga dekat.

TERKAIT  Wisatawan Memadati Pantai-Pantai di Samosir Selama Liburan Nataru

Pemandangan di sekitar pelabuhan ini luar biasa. Pemandangan di sekitar indah, tenang, buat suasana hati kita tentram saat memandangi pegunungan dan Danau Toba.

Jalan Desa Rusak

Sayangnya, tidak hanya jalan menuju Pelabuhan Pintu Batu saja yang rusak, jalan di Desa Sihotang dan sekitarnya juga tidak mulus. Sejumlah jalan cukup berbahaya bagi para pengendara kendaraan.

- Advertisement -
Jalan di Desa Sihotang rusak
Tidak hanya jalan menuju Pelabuhan Pintu Batu yang rusak, jalan di Desa Sihotang dan sekitarnya juga tidak mulus. Sejumlah jalan cukup berbahaya bagi para pengendara kendaraan.(Foto: Damayanti)

Masyarakat di Desa Sihotang berharap pemerintah segera membereskan masalah jalan.

Sebab, tahun ke tahun, angka pengguna jalan yang melintasi desa semakin banyak. Khususnya para wisatawan yang ingin menuju sejumlah destinasi wisata.

Daya Tarik Desa

Alasan lain para pengguna jalan melintasi jalan ini karena pemandangannya menarik. Beberapa hal yang menarik di desa ini pematang sawah padinya kiri dan kanan, bukit-bukit yang mirip seperti di kartun Teletubbies dikitari danau, dan perkampungan.

Pepohonan yang masih banyak di desa ini menambah kesejukan desa. Saat kami lewat, kami melihat warga sekitar sedang bekerja memanen padi.

Tak salah UNESCO memberikan gelar Geopark untuk Kawasan Danau Toba, yang lengkap dengan alam indah. Keindahan alam ini patut kita syukuri karena tidak semua orang di bumi bisa menikmatinya.

Penulis: Damayanti Sinaga
Editor: Damayanti Sinaga

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU