spot_img

Jalan Menuju Objek Wisata Air Terjun Mbilulu Memprihatinkan

PAKPAK BHARAT – Dalam berwisata, keindahan atau keseruan yang ditawarkan objek wisata yang dituju bukan satu-satunya alasan untuk dikunjungi. Namun, kenyamanan selama perjalanan berpengaruh besar terhadap niat kunjungan wisatawan. Bagaimana jadinya objek wisata jika infrastruktur jalan ke sana saja sudah menyulitkan? Kondisi inilah yang sedang terjadi menuju objek wisata Air Terjun Mbilulu di Pakpak Bharat.

Kondisi jalan menuju lokasi objek wisata air terjun Mbilulu di Desa Pronggil Kecamatan Tinada Kabupaten Pakpak Bharat, saat ini sangat memprihatikan.

Di beberapa titik ruas jalan yang selama ini sudah diaspal, nyaris tak terlihat lagi lapisan aspalnya. Jalanan itu hanya terdiri dari batu-batu split dan kerikil yang berserakan, bekas material aspal selama ini.

Air Terjun Mbilulu
Kerusakan jalan menuju Air Terjun Mbilulu,(foto:lastro)

Jalan yang rusak berat butuh perbaikan itu terlihat ada di beberapa titik. Seperti mulai dari gapura bertulisan objek wisata Air Terjun Mbilulu yang berdiri di ujung pemukiman warga.

Mulai dari Gapura sampai dengan lokasi parkir, salah satu  titik badan jalan yang mengalami kerusakan berat. Terlebih yang rusak persis ditanjakan menuju lokasi objek wisata itu, sangat menyulitkan dilalui kendaraan. Material batu kerikil yang berserakan di sana sangat berbahaya dan menyulitkan pengendara.

TERKAIT  Temukan Cintamu di Negeri Indah Kepingan Surga

Kepala Dinas Pariwisata Pakpak Bharat Bambang Banurea saat dikonfirmasi ninnA, Selasa (08/03/2022) melalui pesan WhatsApp membenarkan, ada beberapa titik badan jalan menuju Air Terjun Mbilulu mengalami kerusakan.

Bambang juga menyebutkan salah satu titik jalan menuju objek wisata yang mengalami kerusakan itu berada ditanjakan kurang lebih sepanjang 50 meter.

Ditanya ninnA bagaimana dampak kunjungan wisatawan akibat badan jalan menuju objek wisata tersebut rusak? Diakuinya, sangat berpengaruh hingga terjadi penurunan kunjungan wisatawan ke air terjun itu.

Namun karena kondisi itu terkait infrastruktur jalan, dia hanya bisa berkoordinasi dengan Dinas PUTR Kabupaten Pakpak Bharat agar dilakukan perbaikan di titik kerusakan badan jalan itu.

Air terjun ini terletak di desa pronggil kecamatan tinada kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara. Air terjun yang satu ini memiliki keunikan, yaitu memiliki air terjun dua aliran dengan tinggi sekitar 40 meter. Banyak wisatawan menjuluki air terjun Lae Mbilulu ini, air terjun kembar karena memiliki dua aliran tersebut.

 

Penulis    : Lastro Banurea
Editor       : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU