spot_img

Jalan Dolok Sanggul Menuju Lembah Bakara Butuh Perbaikan

HUMBAHAS – Meski sudah ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), namun kondisi jalan dari Kecamatan Dolok Sanggul menuju Kecamatan Baktiraja, dan menuju kawasan Desa Tipang, Kabupaten Humbahas mulai terkelupas dan butuh perbaikan.

Hampir sepanjang jalan sejauh 41 Km dari Dolok Sanggul yang menurun ke lembah Bakkara rusak dan sangat sulit dilalui. Kondisi jalan berlubang dan ada juga dipenuhi genangan air dan dikuatirkan membahayakan para pengemudi.

Padahal, Bakkara dengan berbagai potensinya merupakan kawasan paling bersejarah di Danau Toba dan merupakan tempat yang merekam sejarah Pahlawan Nasional, Sisingamangaraja XII.

Martino salah seorang pengunjung asal Kota Medan menyesalkan lambatnya perhatian pemerintah Kabupaten Humbahas terhadap jalan menuju Bakkara, Kecamatan Bakti Raja. Bahkan, rombongan mobil yang digunakannya nyaris tergelincir ke lembah karena jalan rusak, berlubang dan juga licin apalagi musim hujan.

TERKAIT  Ajakan Lebih Friendly untuk Perubahan Pariwisata

Setiba di Bakkara, Bakti Raja, jalan rusak sepertinya tidak berhenti. Jalan menuju Desa Tipang juga rusak parah. Genangan air dan lumpur membuat para pengendara harus ekstra hati-hati saat akan melaluinya.

Parahnya, kondisi jalan yang sempit semakin menyulitkan para pengendara dan memilih berhenti untuk mendahulukan kendaraan lewat.

Kepala Dinas Pariwisata Humbahas, J Marbun menyampaikan jalan itu merupakan jalan Provinsi Sumatra Utara. Sehingga, pihaknya berharap Pemerintah Provinsi Sumatra Utara segera memperbaiki nya untuk mendukung destinasi pariwisata Danau Toba.

Penulis   : Jogi S
Editor       : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU