spot_img

Inilah Air Terjun Tertinggi di Indonesia

TOBA – Di Sumatera Utara ada begitu banyak air terjun. Di antaranya ada Air Terjun Sipisopiso, Air Terjun Siguragura, Air Terjun Efrata, Air Terjun Situmurun dan banyak lagi. Salah satu air terjun yang mencatatkan rekor, adalah Air Terjun Ponot, sebagai air terjun tertinggi di Indonesia.

Air terjun ini berlokasi di  di Dusun Sampuransiarimo, Desa Halado, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Tingginya melebihi tinggi Tugu Monas, yang hanya 132 meter.

Perjalanan menuju Air Terjun Ponot ini tak kalah seru. Traveler akan disambut dengan pemandangan yang menakjubkan. Jika melalui kawasan Parapat, panorama Danau Toba jadi sajian utamanya.

air terjun ponot
Air Terjun Ponot ramai dikunjungi setiap akhir pekan.(foto:eka hutabarat)

Sesampainya di area wisata Air Terjun Ponot, traveler bakal disambut dengan gapura besa. Traveler masih harus berjalan kaki sekitar 500 meter untuk bisa sampai ke bibir air terjun.

Air Terjun Ponot merupakan bagian dari aliran Sungai Ponot yang merupakan anak sungai asahan, pada ketinggian sekitar 500 meter dari permukaan laut. Letaknya yang berada di perbatasan Kabupaten Toba dan Kabupaten Asahan, membuat banyak orang sedikit bingung menentukan daerah mana pemilik Air Terjun Ponot ini, tapi pastinya dalam wilayah Sumatera Utara.

TERKAIT  Air Soda Tarutung Dipercaya Dapat Melembutkan Kulit

Aliran Sungai Ponot bukan tipe vertikal langsung jatuh, melainkan ada dua hingga tiga tingkatan yang memperindah terjunan air.
Tumpahan air yang jatuh ke batu, menyebarkan percikan bak embun yang langsung terasa sejuk. Sekitarnya jadi spot berfoto yang paling banyak diburu.

Air terjun ini sangat cocok untuk tempat rekreasi melepas penat. Suasana sekitar yang masih asri memang menjadi pilihan di akhir pekan, untuk berlibur.

Puas berselfie atau swafoto, biasanya aktifitas di sini dilanjutkan dengan mandi dan bermain air. Airnya dingin khas pegunungan dan bersih jernih. Belum lengkap cerita di sini, jika bro dan sista hanya berfoto ria.

Air Terjun Ponot ternyata tak sendirian. Masih di dalam satu kawasan walau berjarak jauh, terdapat sejumlah air terjun kecil. Walau belum bisa diakses, tapi air-air terjun itu menambah kecantikan di sekitar Air Terjun Ponot.

Perbukitan yang maih hijau di sekitar air terjun ini, cukup untuk memanjakan mata. Sebagai suplemen alami dari mata agar lebih segar terjaga. Jadikan Air Terjun Ponot dalam Bucket List liburan kamu di akhir tahun.

 

Penulis    : Eka Hutabarat
Editor       : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU