spot_img

Ini Sumber Air Panas Sipoholon Taput

TAPUT – Pemandian air panas Sipoholon di Kabupaten Tapanuli Utara sudah sangat dikenal sebagai salah satu destinasi wisata andalan daerah itu. Tujuan ke sana, tentu menikmati sensasi mandi air panas berbelerang. Tapi, tidak semua tahu dari mana sumber air panas berbelerang itu.

Sumber air panas Sipoholon yang terletak di Desa Situmeang Habincaran, Kecamatan Sipoholon, Kabupaten Tapanuli Utara itu berasal dari bukit-bukit pasir. Konon katanya, awal mula sumber air panas itu adalah sisa letusan Dolok Martimbang atau Gunung Martimbang yang mengandung belerang. Suhu air panas di sana dapat mencapai 40-70°C .

Ini adalah satu-satunya air panas bersumber dari atas bukit, di Tapanuli Utara. Untuk merawatnya agar tetap terjaga bersih, dilakukan para pengelola kolam air panas di daerah itu. Perawatan rutin itu menghasilkan kolam-kolam air panas dengan gundukan pasir yang indah. Keindahan tempat yang eksotis ini, menjadi buruan untuk berselfie ria, bagi anak-anak muda dari Tarutung maupun wisatawan dari luar.

Wisatawan yang datang ke sana percaya, kandungan air panas berbelerang itu dapat melembutkan kulit dan sebagai obat.

Adanya sumber air panas itu, dimanfaatkan dengan baik oleh warga di sana menjadi salah satu destinasi wisata favorit. Tidak hanya menyediakan kolam-kolam renang air panas, saat ini banyak ditemukan akomodasi,seperti hotel, demi menambah layanan bagi wisatawan yang berniat menghabiskan malamnya di sana.

TERKAIT  Batu Martindi, Batu yang Menolak Dibuang ke Jurang

Dilihat dari ruas jalan utama di sana, bukit-bukit pasir sebagai sumber air panas itu, terlihat indah dengan uap panas yang terlihat jelas. Bukit-bukit pasir itu menunjukkan proses geologi dari ratusan atau mungkin ribuan tahun lalu, sedang beralangsung hingga sekarang.

Lokasi bukit sumber air panas ini sangat mudah dikunjungi karena berada tepat di pinggir ruas jalan utama. Jarak tempuh dari dari Kota Tarutung hanya membutuhkan waktu 10 menit dan jika dari Bandara Silangit memerlukan waktu sekitar satu jama perjalanan.

Bagi bro dan sista ninnA yang berniat berwisata ke Tapanuli Utara, jangan lewatkan spot yang satu ini. Segarkan tubuhmu dengan berendam air panas mengandung belerang yang berkhasiat.

 

Penulis   : Eka Hutabarat
Editor       : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU