Ini Risiko Besar Jika Mengakses Live Streaming Ilegal Seperti Yalla Shoot

BERSPONSOR

NINNA.ID – Momen Piala Dunia 2022 dibanjiri informasi kiat nonton gratis live streaming pertandingan via Yalla Shoot. Namun, sayangnya layanan ini termasuk ilegal, yang tentu saja membawa risiko bagi pengguna.

Streaming ilegal merupakan aktivitas menonton siaran melalui internet untuk konten video tanpa persetujuan pemilik lisensi siaran.

Kita mengaksesnya bisa melalui beberapa cara, mulai situs web via peramban, streaming via aplikasi khusus di gawai, melalui alat set-top box atau stick, dan lain sebagainya.

Streaming ilegal identik dengan konten film dan olahraga, lantaran tak sedikit situs web di internet yang menawarkan dua layanan itu.

BERSPONSOR

Satu alasan pasti kenapa situs-situs web streaming ilegal banyak dikunjungi, lantaran menawarkan layanannya secara gratis. Sebaliknya, streaming legal mewajibkan pengguna belangganan dengan tarif tertentu.

Menurut riset ICM ISD Quarterly Tracker 2018, 1 dari 4 pengguna yang melakukan streaming ilegal terjangkit virus dan malware, 1 dari 10 pengguna menjadi korban penipuan, dan 1 dari 20 pengguna mengaku identitasnya tercuri

Sementara itu, FTC melaporkan bahwa streaming ilegal bisa jadi pintu masuk malware yang dapat merugikan pengguna.

Malware itu dapat ‘mencuri’ informasi kartu kredit pengguna, informasi login, informasi akun bank, dan lainnya. Data-data ini kemudian diteruskan ke hacker yang bisa saja dijual di dark web.

BERSPONSOR

Malware juga dapat membuat performa perangkat menjadi lamban, tak cekatan dalam merespons, muncul pop-up iklan, termasuk mengunjungi situs web yang tak dikehendaki.

Untuk tetap aman saat streaming, pastikan hanya melakukan di situs web atau aplikasi penyedia resmi (legal). Saat olahraga menjunjung tinggi sportivitas, justru streaming ilegal mencederai spirit ini.

Nonton Piala Dunia 2022 memang tidak harus melalui televisi. Platfom live streaming ini bisa menjadi pilihan, mengingat aksesnya tidak terbatas di satu tempat saja. Bro dan Sista tetap bisa menikmati streaming meski masih berada di kantor atau sedang liburan.

Meski Yalla Shoot gratis, namun platform tersebut ilegal dan bahkan sudah diblokir untuk pengguna dari Indonesia. Sebagai alternatif, masih ada platform streaming Piala Dunia 2022 yang legal untuk ditonton.

TERKAIT  Jadwal Piala Dunia Qatar Jumat, 25 November 2022, Ada Brasil vs Serbia!
- Advertisement -

Dilansir NINNA.ID dari berbagai sumber, berikut ini daftar link streaming Piala Dunia 2022 selain Yalla Shoot yang aman.

1. Vidio

Vidio merupakan platform streaming Piala Dunia 2022 yang menyediakan paket berlangganan murah. Melalui platform ini, pengguna bisa menonton seluruh pertandingan dengan kualitas Full HD.

Tersedia paket berlangganan mulai dari Rp59 ribu untuk seluruh pertandingan Piala Dunia 2022. Setelah berlangganan, Bro dan Sista bisa menyaksikan pertandingan melalui aplikasi smartphone atau laptop.

Link stremaing Vidio: https://www.vidio.com/live/9430-champions-tv-world-cup-1?schedule_id=2271946

2. BBC iPlayer

Untuk Bro dan Sista yang sudah mengunakan layanan BBC iPlayer, bisa melakukan stremaing Piala Dunia 2022. Meski platform ini berbasis di luar negeri, namun masyarakat Indonesia tetap bisa menggunakannya.

Link stremaing Vidio: https://www.bbc.co.uk/iplayer/episodes/m0015ypx/fifa-world-cup-2022

3. Klikdaily

Diketahui, Klikdaily merupakan startup yang berhasil memegang lisensi Piala Dunia 2022. Melalui platform ini, bisa menyaksikan seluruh pertandingan tanpa harus khawatir dengan keamanannya.

Klikdaily bisa menjadi opsi daripada menonton di Yalla Shoot yang ilegal, lebih baik di platform yang legal.

Link stremaing Klikdaily: https://klikdaily.com/#fifa

4. SCTV

SCTV sendiri masih satu grup dengan platform Vidio, sehingga memiliki fasilitas streaming World Cup 2022 untuk penggunannya. Melalui platform ini, pertandingan disiarkan dengan kualitas Full HD dan gratis.

Link streaming SCTV: https://www.sctv.co.id/

5. Moji

Situs Moji Indonesia juga menayangkan siaran Piala Dunia 2022. Melalui situs ini, menonton pertandingan menjadi lebih nyaman karena keamanannya yang sudah terjamin.

Link streaming Moji: https://www.moji.id/fifa-world-cup-qatar-2022

Beberapa platform di atas bisa menjadi pilihan untuk menonton Piala Dunia 2022 secara aman. Pasalnya, link Yalla Shoot yang banyak dicari oleh penggemar sepakbola merupakan platform ilegal.

Hal ini yang membuat platform tersebut tidak terjamin keamanannya. Apalagi siaran streaming di Yalla Shoot menggunakan bahasa Arab. Penonton yang berasal dari Indonesia tentu akan kesulitan memahami apa yang komentator sebutkan.

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU