NINNA.ID – Salah satu sosok yang menggunakan TikTok sebagai media pemasaran produk adalah Ci Mehong, yang seringkali menghasilkan konten yang viral. Berikut profil nya.
TikTok telah menjadi salah satu platform yang digunakan oleh berbagai kalangan. Selain untuk mendapatkan konten hiburan, edukasi, dan informasi, platform ini juga digunakan untuk berbelanja dan memasarkan produk.
Ci Mehong, atau Tjioe Nofia Handayani dalam kehidupan sehari-harinya, telah menggunakan akun TikTok @pikbakinghouse untuk memasarkan berbagai produk.
Kontennya sering kali menjadi viral karena ia memasarkan beragam produk mulai dari makanan hingga tanah kuburan elit.
Dalam beberapa kesempatan, Ci Mehong memasarkan produk-produknya dengan harga yang lebih tinggi daripada harga pasaran. Hal ini membuat netizen memberikan julukan ‘Ci Mehong’, yang artinya mahal dalam bahasa Indonesia.
Namun, Ci Mehong berulang kali menyatakan bahwa harga produknya yang lebih tinggi dikarenakan ia mengedepankan kualitas. Menurutnya, harga mahal atau murah tergantung pada pandangan masing-masing orang.
“Kalau dibilang mahal, tergantung orang ya. Bahan-bahan yang kita pakai itu memang premium semua,” ujar Ci Mehong seperti yang dikutip dari kanal YouTube InsertLive.
Ci Mehong berasal dari Aceh dan telah menjalani kehidupan yang sulit. Sejak masa sekolah dasar, ia sudah tertarik pada memasak dan berjualan. Salah satu produk yang ia jual saat masih di sekolah dasar adalah es mambo yang ia buat sendiri.
Ibu Ci Mehong, yang memiliki banyak anak yang bersekolah, seringkali harus meminta keringanan biaya sekolah.
Pada tahun 1990, Ci Mehong merantau ke Jakarta dan bekerja di sebuah kantor. Namun, pekerjaan kantoran tersebut tidak berlangsung lama karena ia kemudian menikah pada tahun 1993.
Suami pertama Ci Mehong mengalami koma akibat stroke selama hampir tiga tahun sebelum akhirnya meninggal pada tahun 2009. Selama masa itu, Ci Mehong menjadi kepala keluarga dan ibu bagi anak-anaknya. Ia menghasilkan pendapatan dari berjualan untuk memenuhi kebutuhan keluarganya saat suaminya sakit.
“Memang sejak dulu saya sudah berjualan. Bahkan saat masih SD, saya sudah menjual rempeyek dan apa pun yang bisa saya jual untuk mendapatkan uang halal,” ungkapnya.
Kisah hidup Ci Mehong menginspirasi banyak orang karena ketekunan dan semangatnya dalam menghadapi tantangan.
Melalui platform TikTok, ia dapat memasarkan produk-produknya dengan lebih luas dan menjangkau lebih banyak orang. Keberhasilannya dalam memanfaatkan TikTok sebagai alat pemasaran adalah contoh nyata bagaimana media sosial dapat memberikan peluang bagi individu untuk mengembangkan bisnis mereka dan mencapai kesuksesan.