spot_img

Ini Kelebihan Resto Putra Kembar di Penatapan Parapat

SIMALUNGUN – Selain disambut dengan penampakan Danau Toba, wisatawan yang datang ke Parapat dari arah Pematangsiantar juga disambut resto atau coffee shop yang berderet di sebelah kanan. Tempat yang dikenal dengan Penatapan Parapat ini menjadi rest area melepas dahaga, lapar dan lelah sembari menikmati panoran Danau Toba dengan Pulau Samosir di seberangnya.

Di tempat ini, harga makanan dan minuman masih relatif sangat terjangkau. Bahkan nyaris tak ada beda dengan tarif di terminal, padahal lokasi ini bagian dari kawasan wisata populer di kawasan Danau Toba. Sayangnya, khusus makanan di tempat ini, tidak beda pula dengan makanan di terminal. Maksudnya, kebanyakan menyajikan yang biasa ditemui di terminal atau pusat-pusat keramain di perkotaan. Katakanlah seperti nasi goreng atau ragam jenis mie instan.

Dari beberapa tempat yang pernah ninnA singgahi, ternyata ada satu tempat, Putra Kembar Resto and Coffee shop, yang masih setia menyediakan kuliner khas Batak seperti ikan mas dan ikan jahir masak arsik ataupun dipanggang dengan bumbu andaliman.

Harga yang dipatok pemilik resto, boru Butarbutar, juga masih terjangkau. Tidak jarang pengunjung yang singgah terlebih dahulu bersepakat harga dengan sosok wanita yang sangat ramah itu. Dan itu biasa, nego harga.

Berbeda dengan kebanyakan spot perhentian yang ada di Penatapan Parapat, yang dibangun dengan tiang penyangga karena berada di tebing jurang, Putra Kembar relatif masih berada di areal yang datar. Lokasi parkirnya pun sangat memadai. Adanya kuliner khas dan parkir yang luas itu, mungkin menjadikan tempat ini, persinggahan rombongan pesta adat dari kawasan Tapanuli yang melintas.

TERKAIT  Misteri Foto Bung Karno yang Seolah Hidup

Dari  Putra Kembar Coffee Shop & Resto ini, Danau Toba  dengan Pulau Samosir yang megah berdiri di seberang menjadi pemandangan utama yang tentu memesona. Lalu lintas angkutan danau, seperti KMP Fery dan kapal wisata tradisional dari dan menuju Pulau Samosir menjadi warna yang ikut menghias Danau Toba.

Sesekali, speedboat berkecepatan tinggi yang menghasilkan jejak seperti garis putih sekejap di permukaan air, menjadi tontonan jarak jauh yang asyik. Jika sore tiba, biasanya ada nelayan di atas sampan sedang memeriksa jaring ikannya.

Walau sunset tidak persis terlihat jelas dari tempat ini, setidaknya lembayung-nya menambah warna di atas langit di senja yang cerah.

Bagi bro dan sista yang ingin menikmati panorama alam kaldera Toba dari seputaran Jalan Lintas Sumatera Parapat – Pematang Siantar, Putra Kembar Coffee Shop & Resto ini tepatnya berada di Sibaganding parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun. Resto ini juga tidak begitu jauh dari Monkey Forest Parapat.

 

Penulis   : Asmon Pardede
Editor      : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU