spot_img

Ini Bukan Ilmu Padi Tapi Padi yang Menginspirasi

Eme ni simbolon inang na lambok malilu…
Gambir di simardangiang inang na lambok malilu…
Taringot si dangolon inang na lambok malilu…
Tu ahu ma sungkun dainang o amonge…

SAMOSIR – Sepenggal syair lagu yang dipopulerkan Victor Hutabarat dengan judul “Eme ni Simbolon” itu merujuk daerah Simbolon di Kabupaten Samosir. Padi dari daerah ini sangat terkenal menghasilkan beras yang pulen dan enak.

Simbolon secara administrasi berada di Desa Simbolon Purba Kecamatan Palipi Kabupaten Samosir. Tekstur dan rasa khas beras dari padi daerah ini memang sangat dikenal luas. Mungkin karena itu juga, penyair tempo dulu terinspirasi menciptakan lagu “Emeni Simbolon”.

Traveling ke Samosir tidak lengkap jika tidak mengitari pulau itu melalui jalan lingkar yang sudah cukup baik. Jika start dari Tuktuk Kecamatan Simanindo ke-arah Onanrunggu, Simbolon berada pada kilometer 65 hingga kilometer 72.

Dua kali musim panen di daerah ini, salah satunya bertepatan dengan waktu libur panjang. Saat itu traveler biasanya semakin ramai melakukan trip keliling Samosir.

emme ni simbolon 1
Dua orang petani sedang berada di sawah saat drone ninnA melintas.(Foto:drone)

Jika sudah melihat hamparan hijau sawah luas membentang sampai ke tepi danau, itulah Simbolon penghasil padi dalam syair lagu yang dipopulerkan Victor Hutabarat di atas.

TERKAIT  Sandiaga Uno Ngevlog dan Puji Keindahan Desa Wisata Tipang, "Keren”

Kotak-kotak persawahan hijau sangat memanjakan mata. Tidak perlu bersusah payah mencari sudut pandang yang indah, arahkan saja sembarang kamera mu dan jepret, “cekrek.” Sesederhana apapun kamera yang kita gunakan, tetap akan memberikan hasil yang sangat indah.

Terlebih turis asing yang melintasi daerah ini, dipastikan menepi sejenak, mengabadikan keindahan sawah Simbolon.

Pecinta konten hijau atau kameraman prewedding sering merekomendasi areal sawah di Simbolon kepada pasangan yang akan menikah. Daerah ini sangat berpotensi menjadi kawasan sawah lukis Kabupaten Samosir.

emme ni simbolon 2
Rumah para petani di tengah sawah yang hijau luas membentang di Simbolon.(Foto:drone)

Jarak daerah Simbolon dari Kota Pangururan, hanya sekitar 20 kilometer dengan kondisi jalan yang sudah sangat baik. Kali ini ninnA.id meluangkan waktu mengabadikan “Eme ni Simbolon” dari udara.

Bagaimana bro dan sista ninnA.id, yuk ke Simbolon, senandungkan lagu itu sambil menikmati keindahan alam di Pulau Samosir.

Penulis   : Febe
Editor      : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU