spot_img

Ini Alasan Bule Menyukai Pantai Batu Hoda dan Samosir

SAMOSIR – Sore itu aku sengaja berkunjung ke Pantai Batu Hoda. Sudah lama aku memendam penasaran tentang pengelolaan pantai ini. Pasalnya, sering sekali teman-teman menyebut nama Pantai Batu Hoda. Ada yang bahkan merekomendasikan agar konsep pengelolaan pantai ini ditiru oleh pengelola pantai lainnya.

Begitu masuk, aku disambut oleh penjaga yang menyambut di pintu masuk pantai ini. Terdapat palang yang menjadi akses untuk masuk. Karena siang itu perutku lapar, aku langsung menuju warung yang tidak jauh dari pintu masuk.

Saat masih asyik makan, perhatianku tertuju kepada sejumlah bule yang lagi menikmati suasana pantai di bawah pohon. Aku terpikir untuk menyapa. Mempraktekkan kemampuan Bahasa Inggrisku sekaligus menanyakan alasan mereka memilih Pantai Batu Hoda.

batuhoda 3
Hamparan bebatuan di pantai menambah eksotisme Pantai Batu Hoda.(foto:damayanti)

Kupercepat makan dan minum dan segera menjumpai bule-bule tadi. Sempat sulit untuk menemukan waktu yang tepat untuk menyapa mereka. Karena mereka pun sibuk memgambil foto. Saat mereka duduk, barulah aku menyapa mereka.

Pantai Ini Mirip Pantai di Prancis
Maiwen wanita berkebangsaan Prancis mengatakan pantai Batu Hoda mirip dengan pantai-pantai yang ada di Prancis. Lanskapnya bagus. Pasir putihnya yang luas menjadikan pantai ini sedap dipandang. Selain itu, apa saja yang dibutuhkan oleh wisatawan, ada di pantai ini, katanya.

“Saya menginap di Liberta Homestay. Mereka (staf di Liberta) merekomendasikan saya untuk berkunjung ke Pantai ini. Saya suka pantai ini karena pantai ini mengingatkan saya akan negara saya sendiri,” ujar wanita yang berencana akan berwisata di Indonesia selama sebulan.

TERKAIT  Puncak Sidiangkat Menawarkan Keindahan dan Kedamaian
batuhoda 2
Tower Kincir Angin di Pantai Batu Hoda salah satu spot foto yang digemari.(foto:damayanti)

Demikian pula temannya, Dylan, mengatakan ada banyak wahana di pantai ini. Itu buat wisawatan betah untuk berlama-lama di pantai. Banyak hal yang mereka bisa lakukan di pantai yang mengisi waktu mereka. Selain itu, adanya pilihan makanan dan minuman di pantai ini membuat wisatawan betah dan tidak perlu keluar untuk mencari kebutuhan mereka.

Di Samosir itu Lebih Tenang
Saat disinggung apa hal menarik yang ia temukan selama di Samosir, Maiwen mengatakan Samosir itu tenang. Lebih tenang dibandingkan tempat lain yang ia jalani sebelumnya di Indonesia. Bukit Lawang, tempat yang ia kunjungi sebelumnya, menawarkan banyak aktivitas buat wisatawan, katanya. Namun, Samosir berbeda, lebih tenang dan tidak banyak aktivitas yang ditawarkan buat wisatawan.

Dalam beberapa hari liburnya di Samosir, ia berharap dapat mengunjungi berbagai wisata alam seperti Air Terjun dan melihat satwa. Dalam kesempatan itu aku pun menyebutkan ada air terjun di Samosir yang cukup menantang yakni Air Terjun Efrata dan ada Taman Sibaganding tempat dia bisa berkesempatan memberi makan siamang dan kera.

 

Penulis   : Damayanti Sinaga
Editor     : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU