spot_img

Idul Fitri, Pesanan Kamar di Samosir Meningkat

SAMOSIR – Pesanan kamar di Samosir meningkat menjelang hari raya Idul Fitri. Kamar di sejumlah hotel dan penginapan di Samosir, khususnya di Tuktuk telah fully booked, sudah dipesan sebelum puncak hari raya. Rate room juga meningkat sekitar 50-75 persen.

General Manager Carolina Hotel, Medi, menyampaikan, untuk tanggal 1-2 Mei tidak ada lagi kamar yang kosong. Selain itu, tarif kamar naik karena permintaan melonjak.

Untuk kamar yang biasanya dipatok Rp170 ribu menjadi Rp250 ribu.

Demikian pula dengan Marroan Hotel, saat ditanya pada 24 April lalu tentang ketersediaan kamar, Lamhot Jaret Ambarita mengatakan tinggal 3 kamar dengan harga masing-masing Rp400 – Rp500 ribu. Tidak hanya hotel, tarif rental mobil ikut berubah. Biasanya tarif rental berkisar Rp250 ribu per hari menjadi Rp350 – Rp400 ribu per hari.

Allin, wisatawan yang berencana ke Samosir mengatakan kaget dengar harga kamar yang melonjak. Untuk rental mobil katanya juga sudah Rp350 ribu per hari di luar upah dan makan supir. Dia mengatakan masih menimbang-nimbang apakah jadi ke Samosir atau tidak. Di satu sisi, biaya sangat mahal karena perjalanan akan dilakukan di musim puncak liburan. Di sisi lain, hanya di liburan ini mereka sekeluarga bisa punya waktu bersama.

Kualanamu Buka untuk Asing
Kualanamu telah kembali membuka rute penerbangan ke luar negeri atau menyambut kembali pelaku perjalanan dari luar negeri ke Kualanamu. Plt Executive General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Kualanamu, Eri Braliantoro, mengaku bangga karena pelaksanaan pendaratan perdana maskapai komersial Malaysia Airlines kembali hadir di Bandara Internasional Kualanamu berjalan dengan lancar pada tanggal 22 April 2022 lalu dan beroperasi secara reguler 3 kali dalam 1 minggu.

TERKAIT  Libur Idul Fitri, Pantai Parparean Porsea Diburu Traveler

Selain Malaysia Airlines akan hadir Kembali maskapai Air Asia dengan rute Kuala Lumpur-Kualanamu dan Penang-Kuala Lumpur setiap harinya dimulai tanggal 27 April 2022 dilanjutkan dengan Singapore Airline dengan tujuan Singapore-Kualanamu yang direncanakan akan beroperasi pada awal bulan Mei 2022.

“Kembalinya beroperasi penerbangan internasional di Bandara Kualanamu membawa warna dan semangat baru terhadap pergerakan penumpang di Bandara Internasional Kualanamu, terutama di periode angkutan lebaran 2022. Pergerakan penumpang per tanggal 24 April 2022 sebanyak 15.694 penumpang dan 135 pesawat”, ujar Eri Braliantoro.

Melalui siaran pers imigrasi disebutkan, pintu penerbangan Kualanamu akan dibuka kembali. Ada 19 pintu Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) di seluruh Indonesia yang membuka pintu untuk akses orang asing. Ada 43 negara yang diperbolehkan untuk masuk ke Indonesia. Lima di antara negara tersebut merupakan pangsa pasar pariwisata Danau Toba yakni Malaysia, Singapura, Tiongkok, Belanda dan Jerman.

 

Penulis  : Damayanti Sinaga
Editor     : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU