HPI Samosir Siap Kolaborasi Bersama BPODT Dukung Kemajuan Pariwisata Danau Toba

BERSPONSOR

Toba, NINNA.ID-Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Samosir siap berkolaborasi bersama Badan Pengelola Otorita Danau Toba (BPODT) guna mendukung kemajuan pariwisata Danau Toba.

Hal ini disampaikan oleh pengurus HPI Samosir saat mengadakan audiensi kepada pejabat tinggi BPODT di Kantor BPODT di Caldera Nomadic Escape Ressort Sibisa Kabupaten Toba Rabu 20 Maret 2024.

Audiensi HPI Samosir disambut hangat oleh pejabat tinggi BPODT di antaranya Kepala Divisi Komunikasi Publik Nelson Lumbantoruan, Direktur Pemasaran Dito, Kepala Divisi Pengembangan Bisnis Detty Silaban, Kepala Divisi Pemasaran Mancanegara Elfridanche Pardede, Kepala Divisi Umum Mosanda Tampubolon, Siswanto Sinambela, Gito Pardede dan staf BPODT lainnya.

Dalam audiensi tersebut, HPI Samosir memperkenalkan keberadaan HPI Samosir secara struktural atau kepengurusan yang baru, menceritakan pengalaman para tour guide yang bergabung di HPI Samosir, menyatakan keinginan bersinergi atau berkolaborasi dengan BPODT untuk sama-sama bekerja memajukan pariwisata Kawasan Danau Toba.

BERSPONSOR

HPI Samosir juga sangat berharap BPODT melibatkan HPI Samosir dalam event Trails of The Kings (ToTK) ataupun event-event lain.

Permintaan tersebut segera direspon BPODT yang menyatakan akan mengundang dan melibatkan HPI Samosir untuk event Trails of The Kings (ToTK).

Di tahun berikutnya, BPODT juga berencana akan mengadakan event bertaraf internasional yang lebih besar dari Trail Runs tersebut.

HPI Samosir
Foto bersama HPI Samosir dan petinggi serta staf BPODT di Kantor BPODT Rabu 20 Maret 2024 (foto: istimewa)

Pihaknya berharap agar HPI Samosir tetap membawa nama besar Geopark Kaldera Toba yang berkearifan lokal.

BERSPONSOR
TERKAIT  Ini Jadwal Penyeberangan Kapal Ferry dan Kapal Kayu ke Samosir Update Desember 2023

Dalam kesempatan perjumpaan tersebut, HPI Samosir juga menyampaikan keluhan para pemandu selaku ujung tombak pariwisata yang memandu tamu di lapangan.

Keluhan-keluhan tersebut dicatat oleh BPODT dan pihaknya akan berkoordinasi dengan Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

“Sebagai bagian dari HPI Samosir, para anggota seharusnya bangga Samosir menjadi sentral segala kegiatan tapi produknya harus bisa dirasakan oleh kabupaten lain di Kawasan Danau Toba,”jelas Nelson Lumbantoruan di hadapan utusan HPI Samosir yang hadir.

HPI Samosir diharap bisa menjadi percontohan dan harus bisa membuat Forum HPI se-Kawasan Danau Toba.

- Advertisement -

Apalagi mengingat para pengurus maupun anggota HPI Samosir telah memiliki jam terbang tinggi dalam kepemanduan dan diharap bisa menjadi penggerak Asosiasi HPI di 7 Kabupaten Kawasan Danau Toba lainnya.

HPI SAMOSIR-AUDIENSI3
Foto bersama HPI Samosir dengan Kepala Divisi Komunikasi Publik Nelson Lumbantoruan di Caldera Nomadic Escape Ressort Sibisa Kabupaten Toba Rabu 20 Maret 2024 (foto: istimewa)

Pelatihan dan Sertifikasi

Permintaan dukungan kepada HPI Samosir untuk pelatihan dan sertifikasi juga segera direspon oleh BPODT.

BPODT berharap pelatihan dan sertifikasi tetap membawa nama besar Geopark Danau Toba yang berkearifan lokal.

Masyarakat Desa Sigapiton juga harus berkomunikasi dengan guide HPI Samosir yang sering bawa tamu ke desa tersebut.

Utusan HPI Samosir yang hadir dalam audiensi di antaranya Ketua Posman Manurung, Wakil Ketua Koslijn Sinaga, Sekretaris Daniel L Manik, Samuel Pasaribu, Master Situmorang, Dennis Sidabutar, Obby Sidabutar, dan Samsir Sitanggang.

Penulis: Damayanti Sinaga
Editor: Damayanti Sinaga

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU