HPI Samosir Siap dan Komitmen Dukung Kemajuan Pariwisata Samosir

BERSPONSOR

Samosir, NINNA.ID-Himpunan Pramuwisata Samosir (HPI) Samosir siap dan komitmen mendukung kemajuan pariwisata Samosir. Demikian salah satu kesimpulan dari Rapat Triwulan HPI Samosir yang diadakan pada Selasa 21 Mei 2024 bertempat di Ruma Genteng Kampung Ulos Hutaraja, Lumban Suhi-Suhi Samosir.

Rapat triwulan ini dihadiri 15 anggota HPI Samosir. Juga dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Samosir Tetti Naibaho bersama Kabid Usaha Pariwisata dan Kerjasama Sanny F.U Panjaitan.

Ada banyak permohonan dan keluhan yang disampaikan oleh para anggota HPI Samosir kepada Tetti Naibaho di antaranya: pentingnya melibatkan pemandu lokal yakni HPI Samosir untuk event-event pariwisata di Samosir, peningkatan sumber daya manusia (SDM) HPI Samosir, dukungan fasilitas untuk sertifikasi pemandu, keluhan terkait sampah di Samosir yang kerap diprotes para wisatawan dan lainnya.

HPI SAMOSIR
Suasana diskusi HPI Samosir bersama Kepala Dinas Pariwisata Samosir Tetti Naibaho di Ruma Genteng Kampung Ulos Hutaraja Selasa 21 Mei 2024 (foto: Damayanti)

“Sudah panjang lebarlah saya cerita ke tamu tentang Samosir dan tibalah di Aek Rangat Pangururan. Saat di sana justru tamu protes ke saya kenapa bawa mereka hanya untuk lihat sampah di Aek Rangat,” ungkap Rommel Silalahi menceritakan protes tamunya saat melihat tumpukan sampah di salah satu penyedia kolam di Aek Rangat.

BERSPONSOR

Persoalan sampah juga menjadi isu yang paling banyak didiskusikan dalam Rapat Triwulan HPI Samosir.

Rencana ke depan, akan ada kegiatan bersama Dinas Pariwisata Samosir dan HPI Samosir serta melibatkan masyarakat untuk aksi bersih Samosir.

Akan tetapi isu sampah menurut Kadis Pariwisata Samosir juga bisa disikapi masing-masing dengan berbuat sesuatu yang nyata sehari-hari.

“Jangan bicara kebersihan padahal di rumah kita sendiri banyak sampah. Saya pun jika menemukan pelaku pariwisata khususnya yang bergerak di kuliner, yang paling utama saya perhatikan adalah kebersihan toilet. Saya berani sampaikan ke pelaku tersebut jika kondisinya tidak bersih,” tegas Tetti.

BERSPONSOR
TERKAIT  Link Nonton FIlm Siptrace di Bioskop Trans TV Gratis, Catat Jam Tayangnya!

Sejumlah anggota HPI Samosir juga menyatakan keinginan diadakannya pelatihan untuk meningkatkan kapasitas SDM HPI Samosir.

Mangaraja Sihite misalnya, bermohon agar diadakan pelatihan Bahasa Inggris.

Permohonan tersebut segera direspon oleh Tetti dengan menyatakan cara praktis adalah belajar langsung dengan para pemandu wisata yang berspesialiasi memandu wisatawan menggunakan Bahasa Inggris atau dapat belajar kepada staf Dinas Pariwisata Samosir yang bisa berbahasa Inggris.

“Kalau benar-benar keterampilannya yang diambil, bisa saja dengan kawan-kawan HPI Samosir yang bisa berbahasa Inggris atau ke staf kami yang bisa bahasa Inggris. Tapi, jangan pula tujuan dibuat pelatihannya hanya untuk mendapatkan uang duduk,” jelas Tetti.

- Advertisement -

Calender Event

Dalam kesempatan tersebut, ia juga menyampaikan sejumlah calender event Samosir. Di antaranya paling dekat yakni Festival Solu Bolon yang diselenggarakan pada tanggal 7-8 Juni 2024 mendatang di Waterfront City Pangururan.

Festival yang akan memperebutkan total hadiah sebesar Rp100 juta ini merupakan rangkaian dari Calendar of Events Horas Samosir Fiesta Tahun 2024.

Ada juga event Aquabike, Samosir Music Festival, dan event lainnya yang semakin menyemarakkan pesona pariwisata Samosir.

Ia juga berharap dapat melibatkan HPI Samosir khususnya saat menyambut peserta dalam Fam Trip.

Para anggota HPI Samosir juga berharap menjalin komunikasi dan berkolaborasi dengan baik bersama Dinas Pariwisata Samosir.

HPI SAMOSIR
Suasana diskusi HPI Samosir bersama Kepala Dinas Pariwisata Samosir Tetti Naibaho di Ruma Genteng Kampung Ulos Hutaraja Selasa 21 Mei 2024 (foto: Damayanti)

Para anggota yang hadir di antaranya Posman Manurung, Koslijn Sinaga, Daniel. L. Manik, Berlin Napitu, Damayanti Sinaga, Reinhard Sidabutar, Pasogit Limbong, Mangaraja Luhut Sihite, Rommel Silalahi, Sariaman Manik, Dennis Sidabutar, Susana Manihuruk, Manogu Sinaga, Agustry M Banjarnahor, dan Samuel Pasaribu.

Penulis: Damayanti Sinaga

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU