spot_img

Homestay Pearung Pendukung Geosite Sipinsur

HUMBAHAS – Keindahan alam Geosite Sipinsur sudah menjadi primadona objek wisata di sekitaran Destinasi Super Prioritas Danau Toba, ditambah lagi, Geosite ini keluar sebagai pemenang Anugerah Pesona Indonesia 2018 Kategori Dataran Tinggi Terpopuler di Indonesia.

Hanya berjarak 17 kilometer dari Bandara Internasional Silangit, Geosite Sipinsur menjadi pilihan utama berwisata. Jika ingin seharian penuh menikmati alam di sini, homestay milik masyarakat sekitar, bisa jadi pilihan.

Hanya berjarak 3 kilometer dari Geosite, ada Desa Pearung, yang disulap menjadi perkampungan homestay, dengan fasilitas mumpuni.

Homestay di desa ini, merupakan bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia yang dibangun tahun 2020.

Tetap mempertahankan design lama, tapi mendapatkan sentuhan kreatifitas hingga bangunannya terlihat elegan.

Terdapat sepuluh homestay yang terdiri dari sembilan rumah untuk penginapan dan satu rumah untuk home kuliner. Dengan harga sangat terjangkau, homestay di sini dilengkapi fasilitas layaknya hotel-hotel di sekitaran Danau Toba.

Baru-baru ini, pengunjung di Desa Homestay itu dihibur oleh pagelaran seni dan budaya, dari Dinas Pariwisata Humbang Hasundutan. Pelakunya, para seniman yang tergabung di sekitaran Humbang Hasundutan: Sanggar Seni Martabe, Sanggar Seni Tonggi Humbang Hasundutan dan juga sanggar yang dimiliki Desa Pearung Sanggar Seni Pearung.

Homestay Pearung
Anak-anak sanggar membawakan Tortor Cawan di kompleks Homestay Pearung.(foto:ist)

Berbagai tampilan yang mereka sajikan mulai dari lagu-lagu Batak hits, Tortor Batak, tari kreasi Batak, permainan tradisional, drama musikal alat musik tradisional, menjadikan sekitaran  Homestay Pearung semakin berwarna. Penonton yang hadir sangat menikmati pertunjukan yang disajikan. Tak sedikit berpartisipasi donasi sebagai penyemangat para penari.

TERKAIT  Mengintip Luna Maya Manortor

Pagelaran seni budaya yang serupa dapat kita nikmati dengan menginap di Homestay Pearung. Di desa ini, ada juga rumah panggung dibangun untuk menampung wisatawan dalam kelompok besar.

Menariknya, homestay Desa Pearung dikelola sekelompok anak muda sebagai pengurusnya.  Bahkan dengan segala kesederhanaan, mengajarkan seni budaya kepada anggota sanggar dari anak-anak seputaran Desa Pearung.

Tamu yang mengawali pagi di homestay, juga mendapatkan breakfast, dengan sajian yang sangat sederhana tapi penuh kehangatan. Masih dari teras homestay, tamu dapat menyaksikan kesibukan pagi hari masyarakat Desa Pearung

Udara pagi yang segar dengan aktifitas warga Desa, jangan sampai membuat tamu terlena. Ada banyak aktifitas bisa dilakukan di sana, seperti memburu spot foto terbaik. Jika puas di sekitaran Geosite Sipinsur, masih ada banyak tempat berwisata di Kabupaten Humbang Hasundutan, menunggu untuk dijelajah. Pilih ke Baktiraja untuk wisata sejarah atau Desa Tipang, desa wisata bergelimang keindahan.

 

Penulis   : Febe
Editor      : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU